Catat! Ini Fakta Soal Konsumsi Alkohol

Hasil studi terbaru menyatakan sesekali minum anggur atau bir pun bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan dan kematian. Penyebabnya, benar-benar tak ada ukuran aman untuk yang namanya alkohol.

Catat! Ini Fakta Soal Konsumsi Alkohol

SOLOPOS.COM -

Solopos.com, SOLO — Hasil studi terbaru menyatakan sesekali minum anggur atau bir pun bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan dan kematian. Penyebabnya, benar-benar tak ada ukuran aman untuk yang namanya alkohol.

Penelitian itu dilakukan di 195 negara yang meneliti angka 2,8 juta kematian prematur di seluruh dunia setiap tahunnya.

“Tidak ada takaran alkohol yang aman,” ujar Max Griswold, peneliti di Institute for Health Metrics and Evaluation di Seattle, Washington, Amerika Serikat dan penulis utama konsorsium riset yang terdiri dari lebih dari 500 ahli, seperti dikutip dari Detikcom, Minggu (26/8/2019).

Peneliti memperkirakan satu gelas sehari meningkatkan risiko semakin berkembangnya penyakit sebesar 0,5%. Rata-rata dua minuman per hari, risikonya melesat hingga 7%.

“Itu adalah kematian yang seharusnya bisa dihindari,” kata penulis senior Emmanuela Gakidou, seorang profesor di Universitas Washington dan seorang direktur di Lembaga Metrik dan Evaluasi Kesehatan.

Simak infografis fakta soal alkohol berikut ini:

Berita Terkait

Berita Terkini

Respons Seruan Demo Jokowi End Game, Polda Metro Ajak Tengok RS & Kuburan

Pendekatan berbeda ditunjukkan Polri dan Polda Metro Jaya atas seruan demo Jokowi End Game pada Sabtu (24/7/2021).

Politikus Gerindra Apresiasi Rektor UI Mundur dari Wakil Komut BRI

Politikus Gerindra Himmatul Aliyah mengapresiasi mundurnya Rektor UI Ari Kuncoro dari jabatan wakil komut Bank Rakyat Indonesia atau BRI..

Polri Jawab Seruan Demo Jokowi End Game dengan Ancaman

Polri merespons seruan demo bertajuk Jokowi End Game dengan ancaman sanksi tegas pengamanan kalau dianggap mengganggu,

Mundurnya Rektor UI dari Wakil Komut BRI Dipuji Kalangan DPR

Kalangan DPR memuji langkah Rektor Universitas Indonesia atau UI Ari Kuncoro mundur dari jabatan wakil komut Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Bantuan Sosial Jateng Akhirnya Cair dalam Program Keluarga Harapan

Setelah tertunda tanpa kepastian jelas, Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau bansos PKH Jateng akhirnya dinyatakan bakal dicairkan.

Alumni Kirimi Rektor UI Karangan Bunga, Pesannya Bikin Ngakak

Deretan karangan bunga membanjiri kampus Universitas Indonesia dengan ucapan sindiran bagi Rektor UI yang ucapannya bikin ngakak.

Jokowi Bilang Bantuan Beras PPKM Tak Usik Stok Pangan

Presiden Jokowi memastikan bantuan beras yang dikucurkan pemerintah PPKM tidak akan mengganggu stok pangan nasional.

Begini Cuci Tangan Shopee Indonesia soal Demo Tolak PPKM

Shopee Indonesia menegaskan tidak terlibat dalam rencana demo tolak PPKM yang digagas pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Begini Reaksi Jokowi saat Obat Covid-19 di Apotek Habis

Sebuah video menunjukkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan sidak ke apotek dan mengetahui obat Covid-19 di apotek habis.

Mitra Ojol Rancang Demo Tolak PPKM, Operator Cuci Tangan

Mitra operator aplikasi ojek online dikabarkan merancang demo menolak PPKM namun operator aplikasi transportasi online cuci tangan.

Zodiak Ini Sulit Menerima Perpisahan

Tidak semua hubungan berakhir dengan bahagia, namun, astrologi barat menengarai ada insan dengan zodiak yang sulit menerima perpisahan.

Karyawan Hotel & Restoran di Garut Dapat Bansos

Karyawan hotel dan restoran anggota PHRI di Garut mengibarkan bendera putih setelah terdampak PPKM dan mulai menerima bantuan sosial nasional.