SOLOPOS.COM - Beri pengaman ganda pada sepeda motor agar terhindar dari aksi pelaku kejahatan. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah sepeda motor yang paling banyak dicuri atau sering jadi incaran para pelaku curanmor. Apa sajakah? Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Jajaran Polsek Tambora menggagalkan pengiriman sepeda motor hasil curian yang dibawa di dalam truk berpelat BE menuju Lampung, pada Sabtu (29/7/2023).    “Saat muatan truk dibongkar di halaman Polsek Tambora, ditemukan delapan unit sepeda motor di dalamnya,” ungkap Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama dari akun Instagram Polsek Tambora pada Jumat (4/8/2023).

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Setelah diselidiki, kedelapan sepeda motor dalam bak truk itu adalah hasil curian.  Polisi kemudian melakukan pengembangan dan menemukan 10 sepeda motor curian lainnya.

Berdasarkan pengakuan dari pelaku pencuri sepeda motor (curanmor), model yang paling banyak dicuri adalah Honda Vario dan BeAT, sedangkan merek Yamaha adalah Mio dan Nmax.

Kenapa motor itu yang paling banyak dicuri? Menurut pengakuan pelaku karena motor itu pengamanannya mudah untuk dijebol. “Karena motor itu pengamanannya sangat mudah ya untuk dijebol, sangat mudah untuk diambil ya,” jawab pelaku.

Lebih lanjut pelaku juga memaparkan cara mereka membobol kunci sepeda motor tersebut. “Caranya cuma pakai kunci T (kunci letter T yang sudah dimodifikasi oleh pelaku curanmor) sama buka tutupnya, itu doang udah bisa diambil, dibandingkan motor yang lain.”

Pelaku juga berpesan kepada para pemilik motor untuk mengamankan tunggangan mereka. “Pesannya biar aman gitu? Ya pasang kunci ganda gitu kan, sama pasang remote [remote pengaman dengan alarm]. Sama juga mengimbau untuk masyarakat, ya naro motornya juga jangan asal-asal. Kalau bisa itu diparkirkan [diparkir di tempat resmi atau di tempat yang aman] sama ditambah kunci ganda lagi biar aman,” ujar salah satu pelaku curanmor.

Honda Vario dan BeAT menjadi motor yang paling banyak dicuri lantaran sistem keamanan, khususnya yang masih menggunakan tutup lubang kunci yang tersemat dianggap paling lemah. PT Astra Honda Motor (AHM) merespons hal tersebut melalui General Manager Corporate Communication, Ahmad Muhibbuddin. D

ia mengatakan bahwa motor BeAT dan Vario produksi terkini telah menggunakan sistem keamanan keyless system. “Harus dikonfirmasi lagi sistem keamanan terbaik itu seperti apa? Karena kalau kita lihat, sistem keamanan yang digunakan motor produksi terkini kurang lebih hampir sama, yaitu keyless system. Demikian juga Vario dan BeAT,” kata Muhib, dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (4/8/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa motor BeAT dan Vario menjadi tipe paling banyak dicuri karena disebabkan oleh faktor populasi yang sangat banyak dibanding tipe motor lainnya. “Jika disebut kedua tipe ini paling banyak dicuri, karena saat ini populasinya memang jauh di atas type motor lain,” tambahnya. Adapun, menurut Muhib, selain mengandalkan sistem pengamanan maka sebaiknya masyarakat juga harus bisa lebih waspada dalam menjaga keamanan sepeda motornya masing-masing.

“Cara terbaik selain mengandalkan sistem pengaman di sepeda motor, kita juga harus lebih waspada dan berhati² dalam menjaga sepeda motor kita. Karena kejahatan bisa datang kapan saja dan dimana saja memanfaatkan kelengahan pemilik,” beber Muhib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya