SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, saat melakukan gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di Mapolda Jateng, Senin (10/7/2023). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SOLO-Operasi Patuh 2023 digelar serentak di Indonesia pada 10-23 Juli 2023, berikut daftar sasaran Operasi Patuh 2023.

Operasi penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas ini dilakukan di seluruh Polda, termasuk Polda Metro Jaya.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memulai kegiatan yang di daerah ini bernama Operasi Patuh Jaya 2023 per Senin (10/7/2023).

Sebanyak 2.938 personel diterjunkan guna meningkatkan kepatuhan warga dalam berlalu lintas. “Secara keseluruhan 2.938 personel gabungan untuk meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas, untuk keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Senin (10/7/2023).

Dikutip dari laman Humas Polri, Operasi Patuh Jaya kali ini berlangsung selama dua pekan hingga 23 Juli 2023. Berikut target pelanggaran yang akan ditindak atau tilang oleh polisi:

 

Daftar Sasaran Pelanggaran Operasi Patuh Jaya 2023

  1. Melawan arus
  2. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.
  3. Menggunakan handphone saat mengemudi.
  4. Tidak menggunakan helm SNI.
  5. Mengemudi tanpa menggunakan sabuk pengaman.
  6. Melebihi batas kecepatan.
  7. Berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM.
  8. Berboncengan lebih dari satu orang pada sepeda motor.
  9. Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memenuhi syarat laik jalan.
  10. Kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi perlengkapan standar.
  11. Kendaraan roda dua atau empat yang tidak dilengkapi STNK.
  12. Pengemudi kendaraan yang melanggar marka atau bahu jalan.
  13. Kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine yang bukan peruntukannya (khususnya pelat hitam).
  14. Penertiban kendaraan yang menggunakan pelat rahasia atau dinas.

Sementara itu, di Karanganyar, Jawa Tengah, apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2023 Polres Karanganyar digelar bersama instansi terkait seperti Kodim 0727 Karanganyar, Dishub, Satpol PP, BPBD di Mapolres setempat, Senin (10/7/2023).

Apel dimpimpin Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, didampingi Wakapolres serta seluruh PJU Polres Karanganyar.

Kapolres mengatakan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak menggelar Operasi Patuh 2023 dengan tema Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa.

“Operasi ini digelar dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara tahun 2023 serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Karanganyar” ujar Kapolres saat memberikan amanat, dikutip dari laman polres.karanganyarkab.go.id.

Demikian daftar sasaran Operasi Patuh 2023, termasuk daftar sasaran Operasi Patuh Jaya 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya