SOLOPOS.COM - Honda Brio (Honda Tunas Jaya)

Solopos.com, SOLO-Honda  Brio Satya dan RS sekilas terlihat sama, padahal sebetulnya keduanya beda. Apa sajakah? Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan membeli salah satu dari mobil ini, simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Kali pertama datang ke Indonesia, Honda Brio masih berstatus completely built up (CBU) yang didatangkan dari Thailand pada 2012 lalu. Satu tahun berlalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan untuk merakitnya di Indonesia dan sejak saat itu statusnya menjadi completely knock down (CKD).

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Mobil 5 penumpang ini sudah mengalami beberapa perubahan sejak 2012 hingga sekarang masuk generasi keduanya. Perubahan paling signifikan dilakukan pada 2018 lalu.

Saat ini, ada dua tipe pada Honda Brio, yakni Brio Satya dan Brio RS. Keduanya memiliki tampilan yang sangat mirip hingga tak sedikit orang awam yang sulit untuk membedakannya. Tapi, jika diperhatikan secara detail, sebenarnya ada juga beberapa bagian perbedaan Brio Satya dan Brio RS yang cukup signifikan.

Dikutip dari lifepal.co.id pada Rabu (15/3/2023), berikut ini Brio Satya E CVT dan Brio RS CVT :

1. Dimensi

Bila diperhatikan secara detail, dimensi antara keduanya ternyata berbeda. Brio Satya memiliki panjang 3.800 mm, tinggi 1.485 mm, lebar 1.680 mm dan jarak sumbu roda 2.405 mm.  Sedangkan untuk seri RS memiliki ukuran 15 mm lebih panjang dibanding Satya. Ukuran tinggi, lebar, dan jarak sumbu roda kedua seri mobil ini tidak memiliki perbedaan.

2. Pilihan Warna

PT HPM memperkenalkan 7 warna yang disematkan pada city car terlaris di Indonesia ini. Pilihan warna Brio Satya adalah Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Carnival Yellow, Lunar Silver Metallic, Taffeta White, dan Rallye Red.

Sedangkan Brio RS hadir dengan warna Phoenix Orange Pearl yang memiliki double tone warna yang berbeda atap dan bodinya.

3. Eksterior

Beda Brio Satya dan RS sudah terlihat bila diperhatikan secara detail. Secara seksama dapat terlihat perbedaanya seperti berikut ini:

– Brio Satya dilengkapi grill dengan gestur chrome, sedangkan Brio RS menggunakan gestur warna black gloss.
– Plat logo RS disematkan pada bagian depan sebagai pembeda dibanding seri Satya.
– Velg untuk Brio Satya berukuran 14 inci dan Brio RS berukuran 15 inci.
– Selain itu, perbedaan Brio Satya dan RS 2019 dibanding varian sebelumnya yaitu bahan velg Satya S masih menggunakan besi (kaleng). Berbanding terbalik dengan Brio Satya E & RS yang sudah menggunakan bahan besi yang lebih kokoh dan aerodinamis.
– Brio Satya S tidak dilengkapi wiper belakang, berbeda dengan Brio Satya E & RS.
– Bagian atap Brio Satya hanya diberi satu warna dengan bodi, sedangkan Brio RS sudah double tone menyerupai Mobilio RS.
– Spoiler yang disematkan pada Brio RS telah terelektrifikasi, sedangkan pada Brio Satya belum ada.
– Bagian side skirt mobil Brio RS didesain sporty, sedangkan Brio Satya belum ada.
– Perbedaan Brio Satya dan RS 2021 terlihat pada varian Brio RS yang telah disematkan elektrifikasi pada bagian bagasi. Bagasi dapat dibuka melalui tuas dari kursi pengemudi.

4. Interior

Perbedaan interior Brio Satya dan RS mulai terlihat. Wajar saja karena keduanya memiliki harga yang cukup jauh.

Berikut perbedaanya:

– Jok yang digunakan pada Brio RS telah dilengkapi headrest berwarna hitam pada kursi penumpang maupun pengemudi, sedangkan Brio Satya dilengkapi headrest yang terdapat pada kursi penumpang saja.
– Sektor head unit dalam Brio Satya dilengkapi dengan Radio, CD Player, serta terkoneksi dengan Bluetooth, atau AUX IN. Brio RS sudah dilengkapi dengan DVD Player dan slot USB (untuk varian di bawah tahun 2018).
– Produksi tahun 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Brio Satya sudah dilengkapi 2 DIN Pioneer dengan USB, AUX, dan Bluetooth. Brio RS menggunakan Kenwood 6,1 inci dengan pengaturan audio yang lebih kompleks.
– Lengkungan pada Brio RS produksi tahun 2021 memiliki struktur yang lebih ramping. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan luas kabin serta memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

5. Sistem Suspensi

Tercatat dari performa kestabilan di jalan raya, Brio RS lebih unggul karena caster angle yang terdapat di kaki depan bisa menyesuaikan dengan jalanan. Risiko body roll (transfer beban ke arah luar dari tingkungan) berkurang sehingga Brio RS dapat bermanuver dengan lincah.
Kipas Radiator

Brio Satya hanya dilengkapi satu kipas radiator saja, sedangkan untuk Brio RS sudah dilengkapi dua kipas radiator dengan dimensi yang lebih besar dibanding Brio Satya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya