SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang berdoa. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Pada 11 November 2019, pemerintah membuka pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) atau yang juga kerap disebut calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Pekerjaan sebagai PNS tentu menjadi rebutan banyak orang, seperti yang terjadi sebelumnya. Banyak orang melakukan berbagai macam upaya agar lulus seleksi CPNS.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun upaya itu tentu harus diiringi dengan doa dan amalam. Di dalam Islam, ada amalan dan doa agar keinginan bisa terkabul, termasuk keinginan menjadi PNS.

Habib Novel Alaydrus menjelaskan kunci dari terkabulnya keinginan adalah sedekah di depan, bukan hanya berjanji akan bersedekah jika sudah terkabul. "Keluarkan sedekah di depan, jangan 'nanti kalau sudah.., nanti kalau..,' itu salah," ujarnya seperti pada video yang diunggah di saluran Youtube Dutamedia-Ulama Aswaja, 7 November 2018.

Sementa itu, dikutip dari laman resmi Nadlatul Ulama (NU), Rabu (30/10/2019), ada doa yang dianjurkan dibaca oleh mereka yang memiliki sedang memiliki hajat, termasuk hajat menjadi PNS dan sedang menghadapi tes seleksi CPNS.

Syekh M Nawawi Banten menganjurkan orang yang sedang berhajat untuk membaca berikut setelah melaksanakan Salat Hajat 12 rakaat, namun dua dua rakaat dinilai memadai.

Subhaanalladzii labisal iizza wa qaala bihii. Subhaanalladzii ta'aththafa bil majdi wa takarrama bihi. Subhaana dzil oizzi wal karami. Subhaana dziit thauli. As'aluka bi ma'aaqidil 'izzi min 'arsyika, wa muntahar rahmati min kitaabika, wa bismikal a'zhami, wa jaddikal a'laa, wa kalimaatikat taammaatil 'aammaatil latii laa yujaawuzuhunna birrun wa laa faajirun an tushalliya 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammadin.

Artinya: Maha suci Zat yang mengenakan keagungan dan berkata dengannya. Maha suci Zat yang menaruh iba dan menjadi mulia karenanya. Maha suci Zat pemilik keagungan dan kemuliaan. Maha suci Zat pemilik karunia. Aku memohon kepada-Mu agar berselawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dengan garis-garis luar mulia Arasy-Mu, puncak rahmat kitab-Mu, dan dengan nama-Mu yang sangat agung, kemuliaan-Mu yang tinggi, kalimat-kalimat-Mu yang sempurna dan umum yang tidak dapat dilampaui oleh hamba yang taat dan durjana.

Sementara itu, berikut adalah doa Rasulullah SAW saat menghadapi kesusahan secara umum. Syekh M Nawawi Banten menganjurkan orang yang memiliki hajat untuk membaca doa riwayat Bukhari dan Muslim ini.

Disarankan pula melakukan shalat dua rakaat dengan niat Salat Hajat, salat dua rakaat, salat tahyyatul masjid, atau salat sunah dua rakaat apa pun itu sebelum doa riwayat Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam At-Tirmidzi.

Laa ilaaha illallaahul hal?mul kar?mu, 'aziimul haliimu, laa ilaaha illallaahul 'aliyyul 'azhiimu. subhaana rabbil 'arsyil 'azhiimi, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha tinggi dan agung. Maha suci Allah, Tuhan Arasy yang megah. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam

Setelah itu, orang yang sedang memiliki hajat tertentu melanjutkan bacaan doa Rasulullah SAW riwayat Imam At-Tirmidzi berikut.

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim. Subhaanallaahi rabbil 'arsyil kariimil 'azhiim. Alhamdulillaahi rabbil 'alamiin. As'aluka muujibaati rahmatik, wa 'azaa'ima maghfiratik, wal ghaniimata min kulli birrin, was salaamata min kulli itsmin. La tada' li dzanban illaa ghafartah, wa laa hamman illaa farrajtah, wa laa haajatan hiya laka ridhan illaa qadhaitahaa ya arhamar raahimiin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya