Catat, Hari ini Batas Terakhir Pendaftaran Permohonan Bantuan Produktif Usaha Mikro di Karanganyar
Ilustrasi pengajuan bantuan sosial produktif untuk pelaku usaha mikro (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Hari ini, Kamis (26/11/2020), menjadi hari terakhir pendaftaran program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) tahap 12 di Karanganyar. Pemkab Karanganyar akan menutup penerimaan berkas pada pukul 14.00 WIB.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Koperasi dan UKM Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Adolfus Joce Bau, Rabu (25/11/2020). “Kemarin untuk tahap 11 sudah selesai. Sekarang sudah berjalan tahap 12, dan berakhir Kamis [hari ini]. Untuk pendaftaran online-nya itu sebenarnya ditutup pukul 12.00 WIB. Tapi untuk pengambilan berkas, kami tetap melayani masyarakat hingga pukul 14.00 WIB. Setelah tahap ini selesai, sudah tidak ada tahap berikutnya. Tahap 12 itu menjadi yang terakhir untuk pengajuan bantuannya,” jelas dia.

Khawatir Ledakan Kasus Covid-19, Bupati Karanganyar Usul Libur Akhir Tahun Dihapus

Menurut Oce, panggilan akrabnya, pada tahap 11 total pendaftar mencapai 2.000 orang. Angka tersebut menurutnya terus menurun dibandingkan tahap awal dibukanya pendaftaran. Kendala yang kerap ditemui pemohon bantuan yakni kepemilikan rekening dan tidak memiliki outlet.

“Kebanyakan soal rekening. Beberapa kasus itu, buka rekeningnya di Jakarta dan mendaftar di Karanganyar, mereka tidak dapat. Kami mendapat laporan seperti itu,” terang dia.

Sejak tahap pertama hingga tahap 11, total pendaftar BPUM di Karanganyar mencapai sekitar 72.500 orang. Angka tersebut masih ditambah hasil rekap dari pendaftar tahap 12 yang menjadi penutup jalur bantuan tersebut. Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar hanya berwenang mengumpulkan berkas pendaftaran. Kewenangan penyaluran sepenuhnya berada di tangan Kementerian Koperasi dan UKM.

Mau Keluhkan Pupuk Langka, Petani & LSM Kecele Ternyata DPRD Karanganyar Sedang Kunker

Selain itu, persoalan yang berkaitan dengan perbankan, hanya bisa diselesaikan oleh pihak perbankan dan nasabah. “Jadi kalau ada keluhan soal bank, saya sarankan membawa buku tabungan lalu datang ke bank. Cek rekening dan saldo. Kami tidak berwenang. Kami sebatas pengumpulan berkas,” kata Oce.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom