SOLOPOS.COM - Tampilan desain sisi serambi di Masjid Raya Sheikh Zayed, Rabu (22/2/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan semua orang boleh berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Masjid dibuka umum, Rabu (1/3/2023).

“Boleh, silakan yang penting tertib. Gak bawa rantang dewe, tiker dewe, dan tidur-tiduran di dalam,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (28/2/2023).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Dia mengatakan pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed telah membuat aturan bagi pengunjung selama di masjid. Beberapa aturan itu, antara lain tidak membawa makanan dan tidak berenang di kolam masjid.

Selain itu, kata Wali Kota Solo, pengunjung diimbau mengenakan pakaian sopan serta tertutup selama melakukan aktivitas di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Gibran menjelaskan ada sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Masjid Raya Sheikh Zayed. PKL dilarang berjualan di area depan masjid.

Wali Kota Solo, Pemkot Solo menyiagakan petugas Dishub Kota Solo dan Satpol PP Kota Solo sebagai langkah antisipasi pelanggaran di Masjid Raya Sheikh Zayed.

“Ya nanti kami carikan tempat khusus PKL. Tak bisa di depan masjid. Nanti kami carikan ya, tenang saja,” ungkap dia.

Sebelumnya, Gibran menjelaskan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menghadiri dalam kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Selasa (28/2/2023) malam.

Jumlah tamu undangan terbatas malam ini. Namun, masyarakat bisa salat lima waktu di Masjid Raya Sheikh Zayed mulai Rabu (1/3/2023).

“Salat subuh nanti bisa dilaksanakan. Untuk rekayasa lalu lintas tunggu dari Dishub ya. Sudah disiapkan untuk shuttle bus dan lain-lain,” ungkapnya. 

Kepala Dishub Kota Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan Dishub Solo menyediakan dua unit bus di Pura Mangkunegaran dan dua unit bus di Terminal Tirtonadi untuk layanan shuttle bus menuju Masjid Raya Sheikh Zayed. Dia mengatakan layanan itu berbayar. Tarifnya direncanakan Rp4.000 per orang untuk pergi pulang.

Taufiq mengatakan kapasitas parkir Masjid Raya Sheikh Zayed bisa menampung delapan bus dan 40 kendaraan roda empat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya