SOLOPOS.COM - Seorang calon penumpang sedang meniup kantong udara untuk sampel pemeriksaan GeNose C19, Minggu (28/2/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, SEMARANG — PT KAI Daops IV Semarang menambah layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19 di dua stasiun di wilayah kerjanya mulai Selasa (30/3/2021). Kedua stasiun itu yakni Stasiun Pekalongan dan Stasiun Cepu.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan sebelumnya pemeriksaan GeNose C19 di wilayah Daops IV Semarang hanya terdapat di tiga stasiun. Yakni Semarang Tawang, Poncol, dan Tegal.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Dengan penambahan ini, praktis nantinya ada lima stasiun di wilayah PT KAI Daops IV Semarang yang bisa melayani pemeriksaan GeNose C19 bagi penumpang kereta api jarak jauh.

“Khusus wilayah PT KAI Daops IV Semarang, mulai 30 Maret 2021 jumlah pelayanan GeNose C19 ada lima stasiun. Kelima stasiun itu yakni Stasiun Tawang, Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu,” ujar pria yang akrab disapa Kris itu, Senin (29/3/2021).

Baca jugaMahasiswa Asal Blora Didata untuk Peningkatan Kualitas SDM

Kris menambahkan penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen PT KAI dalam memberikan pelayanan ke pelanggan. Hasil pemeriksaan GeNose C19 merupakan salah satu syarat bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api pada masa pandemi Covid-19.

“Hingga 28 Maret 2021, PT KAI Daops IV Semarang telah melayani sekitar 22.832 penumpang dalam pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Masyarakat sangat antusias dengan produk ini [GeNose]. Hal itu karena prosesnya yang mudah, cepat, nyaman, dan harga terjangkau, yakni Rp30.000,” ujarnya.

Baca juga: Dianggarkan Rp3,39 Triliun, DPR Minta Jangan Ada Tunggakan Insentif Nakes Lagi

Ada 19 Stasiun

Sementara itu, selain dua stasiun di wilayah PT KAI Daops IV Semarang, total ada 19 stasiun lagi yang mulai melayani pemeriksaan dengan GeNose C19 per 30 Maret nanti.

Ke-19 stasiun itu yakni Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, dan Purwosari. Lalu Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk , Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

“Dengan adanya penambahan ini, total jumlah stasiun yang saat ini bisa melayani GeNose C19 menjadi 44 stasiun. Sebelumnya, hanya ada 23 stasiun yang melayani,” jelas Kris.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya