SOLOPOS.COM - Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin (kanan), didampingi Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid (kiri), saat memeriksa mobil yang akan digunakan Operasi Patuh Candi 2022 di Mapolres Boyolali, Senin (13/6/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Polres Boyolali akan menggelar Operasi Patuh Candi 2022 selama 14 hari, yaitu mulai Senin-Minggu (13-26/6/2022).

Terdapat tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas selama Operasi Patuh Candi 2022. Ihwal tujuh prioritas penindakan tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Abdul Mufid, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Tujuh prioritas penindakan adalah pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kemudian pengemudi atau pengendara di bawah umur. Ada juga orang yang berboncengan sepeda motor lebih dari satu orang,” kata dia saat ditemui wartawan seusai pengecekan kendaraan untuk Operasi Patuh Candi 2022, Senin.

Prioritas penindakan selanjutnya pengendara sepeda motor tidak mengenakan helm SNI dan pengendara mobil tidak menggunakan sabuk pengaman. Kemudian, pengemudi berada dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol. “Kemudian berkendara melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” ujar dia.

Lebih lanjut, Operasi Patuh Candi 2022 kali ini mengusung tema Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Baca Juga : Tak Pakai Helm SNI dan Sabuk Pengaman, Siap-Siap Kena Tindak Polisi

Maka dari itu, lanjut dia, Operasi Patuh Candi 2022 akan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis. Kegiatan Operasi Patuh Candi 2022, lanjut Mufid, juga akan didukung penegakan hukum secara teguran dan mobile sigap.

“Mobile sigap itu nanti petugas penindak menggunakan kamera handphone yang sudah diinstal aplikasi ETLE [Electronic Traffic Law Enforcement] dan sudah dihubungkan dengan ETLE nasional,” jelas dia.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk menyiapkan fisik, melengkapi kendaraan, dan surat-surat. Terakhir, ia mengingatkan masyarakat agar jangan lupa berdoa. Harapannya masyarakat selamat selama perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya