Tutup Iklan
Ilustrasi bangunan angker (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO -- Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selain terkenal dengan wisata budaya, kuliner, dan pendidikannya, Ternyata di Solo ada beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan wisata misteri.

Lima lokasi ini dipercaya memiliki aura mistis yang cukup kuat sehingga bagi kamu yang memiliki nyali besar bisa melakukan uji nyali di lima tempat ini.

Seperti yang Solopos.com rangkum dari kanal Youtube Dewi Anjani, Kamis (10/1/2019), lima titik ini bisa dijadikan referensi kamu yang berniat untuk melakukan uji nyali.

1. Lokananta

Lokananta (Dok/JIBI/Solopos)

Lokananta merupakan studio rekaman yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Selain berfungsi sebagai lokasi rekaman, Lokananta juga dimanfaatkan untuk menyimpan gamelan tua. Namun, gamelan yang diletakkan di sudut salah satu ruangan tersebut tampak terabaikan karena tidak ada yang memainkannya.

Jarang Terekspos! Ini 5 Tempat Angker di Solo

Meski tidak ada yang membunyikan gamelan tua tersebut, pada malam hari akan terdengar suara ketukan gamelan. Padahal tidak ada yang memainkannya. Hi, serem!!

2. Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)

Lomba lari maraton 11K Solo Open Universitas Sebelas Maret (UNS) di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Solo, Minggu (18/3/2018). (M.Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)
Lomba lari maraton 11K Solo Open Universitas Sebelas Maret (UNS) di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Solo, Minggu (18/3/2018). (M.Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

UNS merupakan salah satu kampus terbaik di Kota Solo. Namun, ada kisah mistis di kampus ini. Beberapa lokasi di UNS mempunyai aura mistis yang berbeda. Di Fakultas Pertanian dan Kedokteran yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bukit Kendil, ada mahasiswa mengaku pernah melihat penampakan kereta kencana lengkap dengan kusir gaibnya. Waktu tertentu juga muncul sosok wanita berambut panjang terurai yang lekat dengan sosok hantu kuntilanak.

Sementara di Fakultas Hukum, tepatnya di salah satu ruangan kelas sering terdengar suara gaduh padahal waktu sudah menunjukkan tengah malam.

Ini Dia 5 Tempat Paling Angker di Semarang

3. Taman Sekartaji

Ilustrasi Taman Sekartaji di Jl Tentara Pelajar, Solo. (JIBI/Solopos/Dok)
Taman Sekartaji di Jl Tentara Pelajar, Solo. (JIBI/Solopos/Dok)

Tak ada bedanya Taman Sekartaji dengan taman-taman lainnya di Solo. Tetapi, saat malam hari akan timbul aura mistis yang sangat kuat. Bahkan, penjaga Taman Sekartaji mengatakan bahwa ada penunggu di taman ini. Salah satunya, sosok perempuan yang diyakini sebagai kuntilanak di salah satu pohon besar. Tak hanya itu, ada juga makhluk astral yang tinggal di belakang tembok bertuliskan 'Taman Sekartaji'.

4. Bekas Mes Arseto Solo

Cerita tentang bekas mes Arseto di Panularan (Facebook)
Cerita tentang bekas mes Arseto di Panularan (Facebook)

Bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1977 yang digunakan sebagai mes klub sepak bola Arseto. Namun, bangunan ini saat ini mangkrak. Ada anggapan kejadian gantung diri yang pernah terjadi di lokasi ini menjadi penyebab bangunan ini ditinggalkan.

Reality Show Baru Uya Kuya: Acara Perjodohan Dibalut Mistis

Saking kuatnya aura mistis, bekas Mes Arseto ini pernah dijadikan lokasi uji nyali salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Namun, karena mendapat peringatan dari masyarakat terkait keamanan kru dan peserta uji nyali. Akhirnya, uji nyali gagal dilakukan. Masyarakat yang sering melewati Mes Arseto bahkan pernah melihat penampakan hantu wanita dengan pakaian suster.

5. Taman Balekambang

Pengunjung menaiki becak air saat mengunjungi Taman Balekambang, Solo, Senin (26/6/2017). Taman Balekambang adalah salah satu destinasi wisata khas Solo. (JIBI/Solopos/Nicolous Irawan)

Masyarakat Solo sudah mengetahui kemistisan tempat ini. Bahkan, ada beberapa pengunjung Taman Balekamban yang mampu berinteraksi dengan penghuni tempat ini.

Nah, bagaimana tertarik uji nyali dimana teman-teman?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten