Kategori: Jateng

Catat! 31.255 Nakes di Jateng Bakal Disuntik Vaksin Sinovac


Solopos.com/Imam Yuda S.

Solopos.com, SEMARANG - Sebanyak 31.255 tenaga kesehatan atau nakes di Jawa Tengah (Jateng) bakal menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama di Jateng. Mereka bakal disuntik vaksin Sinovac, asal Tiongkok, yang telah tiba di Jateng, Senin (4/1/2021) dini hari.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar press conference secara daring, Senin siang. Yulianto mengatakan, tahap pertama vaksin yang datang di Jateng sebanyak 62.560 dosis vaksin Sinovac.

"Jadi satu orang nantinya mendapat vaksin dua kali, sehingga tahap pertama nanti ada 31.255 orang yang divaksin. Kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan sebagai pihak yang memiliki resiko tinggi tertularnya Covid-19. Proses vaksinasi direncanakan mulai 14 Januari nanti, " kata Yulianto.

Jateng Terima 62.560 Vaksin Covid-19, Ganjar: Vaksinasi 14 Januari

Meski begitu, tidak semua tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan bisa mendapat vaksin tahap pertama. Mereka yang memiliki komorbiditas seperti hipertensi, diabetes, jantung, wanita hamil atau menyusui, pernah terpapar Covid-19 serta berusia di atas 59 tahun tidak boleh mendapat vaksin Sinovac tersebut.

Nantinya, 62.560 dosis vaksin Sinovac yang telah tiba di Jateng akan segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Namun saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan dan pelengkapan administrasi serta pengecekan-pengecekan.

"Akan kami bagi habis ke seluruh kabupaten/kota. Jadi semuanya dapat," imbuhnya.

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Butuh Waktu 15 Bulan, Bukan 3,5 Tahun

Tahap Pertama

Meski begitu, Yulianto mengatakan bahwa jumlah dosis vaksin Sinovac yang diterima masing-masing kabupaten/kota tidak sama. Di beberapa daerah akan mendapatkan lebih banyak, dan daerah lain mendapatkan lebih sedikit.

"Semuanya dapat, tapi jumlahnya tidak sama. Misalnya Kota Semarang tahap awal ini akan dapat 5.450 dosis, dan Solo mendapat 4.364 dosis. Untuk daerah lain, sedang kami finalisasi jumlahnya," terangnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin Sebut Varian Baru Covid-19 Tidak Lebih Mematikan

Meski begitu, Yulianto meminta masyarakat tenang karena vaksin Sinovac yang datang saat ini baru tahap pertama. Nantinya, sebanyak 23,3 juta warga Jateng akan mendapatkan vaksin Covid-19 dari pemerintah.

"Jadi ada beberapa tahap nantinya, Jateng secara sasaran ada 23,3 juta masyarakat yang divaksin. Itu lebih dari 70% jumlah penduduk di Jateng, sehingga kalau itu bisa dilaksanakan maka herd immunity bisa tercapai," jelasnya.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi