Cat Weldon dan Filosofi Akeh Apike di Saat Pandemi
Direktur Cat Tembok Weldon PT Citra Warna Abadi, Rudy Zulkarnain (kanan) saat talkshow virtual. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Selalu berpikir positif dalam menghadapi masalah menjadikan kita selalu produktif kendati di masa pandemi seperti sekarang ini. Hal itu disampaikan Direktur Cat Tembok Weldon PT Citra Warna Abadi, Rudy Zulkarnain saat menjawab filosofi Akeh Apike, dalam talkshow virtual yang dihelat Solopos.

Talkshow dengan moderator Presiden Direktur Solopos Group, Arief Budisusilo mengusung tema, Gairah Industri Hadapi Pandemi. Sejumlah narasumber hadir dalam talkshow virtual tersebut. Selain Rudy Zulkarnain, ada juga Direktur Utama Lorin Group, Purwanto Yudhonagoro, dan CEO Jamu Iboe, Stephen Walla.

Menurut Rudy Zulkarnain, memang pandemi banyak hal yang terdampak, ekonomu terpuruk, banyak yang sakit, dan pemutusan hubungan kerja. Namun jujur sebenarnya masih banyak hal baik yang diterima. Seperti masih ada air, listrik masih menyala, pohon-pohon masih rindang, sinar matahari dan lainnya.

“Akeh Apike agar kita bersyukur dengan kebaikan yang masih kita terima. Sehingga tidak hanya terfokus pandemi Covid-19 saja. Sehingga ini bisa membuat kita lebih produktif dan bersemangat menjalani hidup,” tutur Zukarnain.

Baca jugaJamu Iboe: Pandemi Membuat Kita Melakukan Inovasi

Di Rumah Saja

Pandemi Covid-19 diakui pula oleh Zulkarnain berpengaruh pada jualan produk cat Weldon. Karena ketika biasanya penjualan meningkat di kondisi normal, terutama hari keagamaan, saat pandemi tidak ada.

“Pada awal pandemi, momen keagamaan yang biasanya identik dengan mengecat rumah menyambut hari raya tidak kita temukan. Namun perlahan, ketika semakin banyak yang di rumah saja muncul kegiatan baru. Yakni mengecat rumah untuk mengisi di rumah saja selama pandemi,” terang Zulkarnain.

Hal itulah yang menurutnya berimbas pada penjualan cat yang perlahan mulai meningkat. Karena mengecat rumah bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengundang tukang. Apalagi cat Weldon memiliki toleransi bahan pencampuran, yakni air hingga 30%.

“Awalnya mengecat ruang tamu agar terlihat lebih bagus lagi, cukup beli cat 1 galon [5 kg]. Namun ketika melihat ruangan lain, akhirnya beli cat tembok lagi. Jadi bisa saja beli dua hingga tiga galon. Sehingga penjualan cat Weldon, sedikit demi sedikit jadi bukit,” kata Zulkarnain.

Baca juga: Pemerintah Tak Perpanjang Subsidi Tarif, Tiket Pesawat Jadi Segini

Tetap Optimistis

Talkshow Virtual
Talkshow Virtual Solopos (Tangkapan layar)

Mengenai perubahan cara jualan, Zulkarnain justru mengaku tidak bergeser ke penjualan online. Mengingat cat adalah zat cair dan berat, sehingga jika dijual online bisa jadi ongkos kirimnya lebih tinggi.

Zulkarnain juga menjelaskan bahwa Cat Weldon produk PT Citra Warna Abadi juga mulai menghilangkan pemakaian timbal. Selain itu water based atau berbahan dasar air, sehingga produk cat lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, Zulkarnain juga menyampaikan optimistis mengenai dunia industri menghadapi pandemi. Karena apabila vaksinasi sudah berjalan, masyarakat dan pelajar mulai berkegiatan lagi, jualan cat juga akan meningkat.

“Jadi tetap bagus jualan catnya. Setelah mengecat rumah, bergeser mengecat hotel dan sekolahan,” ujar Zulkarnain optimistis.

 

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom