Casing Xiaomi dan Apple Diklaim Mengandung Racun

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Beberapa tahun belakangan, penjualan ponsel Xiaomi meningkat drastis. Ponsel buatan Tiongkok ini digandrungi karena memiliki fitur canggih namun dibanderol dengan harga terjangkau. Tapi. Baru-baru ini beredar kabar jika casing ponsel tersebut mengandung racun.

Kabar tersebut membuat pengguna ponsel Xiaomi di Tiongkok kelimpungan. Guna meredakan kekhawatiran pelanggan, Dewan Konsumen Shenzen di Tiongkok melakukan penelitian terhadap 30 casing ponsel yang diduga mengandung racun. Adapun ponsel yang diteliti itu berasal dari 28 merek berbeda, termasuk Xiaomi, Huawei, dan Apple.

Dikutip Solopos.com dari Business Insider, Selasa (24/4/2018), hasil penelitian tersebut tersebut menyebutkan ada tujuh casing ponsel menggunakan bahan kimia melebihi batas maksimal yakni plasticiser dan polycyclic aromatic hydrocarbon yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Kandungan plasticiser pada Xiaomi berada pada angka 17 persen yang disebut melebihi batas aman. Sebab, berdasarkan regulasi yang dikeluarkan di Eropa, kandungan maksimal dari bahan kimia ini adalah 0,1 persen. Artinya bahan kimia yang digunakan Xiaomi pada cover belakang ponselnya 170 kali lipat lebih banyak.

Bahan kimia berbahaya itu juga ditemukan pada penutup ponsel keluaran Apple. Berdasarkan hasil uji coba, kandungan bahan kimia polycyclic aromatic hydrocarbon yang ditemukan 50 persen melebihi ambang batas aman. Menurut Dewan Konsumen Shenzhen, jumlah bahan kimia yang melampaui batas ini bisa memicu kanker pada para penggunanya.

Hasil penelitian itu dibantah tegas oleh pihak Xiaomi. Mereka menegaskan jika produk yang dijual ke pasaran telah memenuhi standar yang berlaku. "Penutup ponsel Xiaomi aman digunakan. Suatu produk yang hendak dipasarkan harus lulus serangkaian tes. Jadi, bisa dipastikan semua produk yang kami jal aman bagi konsumen," demikian pernyataan pihak Xiaomi seperti dikutip dari South China Morning Post.

Berbeda dengan Xiaomi, sampai saat ini pihak Apple belum memberikan tanggapan apapun. Selain itu, penelitian ini juga tidak menjelaskan model smartphone apa saja yang casing-nya mengandung bahan berbahaya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Pemadaman Listrik Karanganyar Hari Ini (21/10/2021), Daerah Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar hari ini, Kamis (21/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Ini daerah yang terdampak.

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).

Dimutasi Setelah Picu Kontroversi, Aipda Ambarita: Satya Haprabu!

Aksi Ambarita menuai banyak kritik, salah satunya dari Kompolnas yang menyebut menggeledah tanpa surat perintah keliru.

Doa Ketika Ada Petir dan Hujan Lebat, Dilengkapi Latin Plus Artinya

Berikut ini terdapat doa ketika ada petir dan hujan turun dengan lebat, yang dilengkapi dengan latin beserta artinya.