Casing Xiaomi dan Apple Diklaim Mengandung Racun

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Beberapa tahun belakangan, penjualan ponsel Xiaomi meningkat drastis. Ponsel buatan Tiongkok ini digandrungi karena memiliki fitur canggih namun dibanderol dengan harga terjangkau. Tapi. Baru-baru ini beredar kabar jika casing ponsel tersebut mengandung racun.

Kabar tersebut membuat pengguna ponsel Xiaomi di Tiongkok kelimpungan. Guna meredakan kekhawatiran pelanggan, Dewan Konsumen Shenzen di Tiongkok melakukan penelitian terhadap 30 casing ponsel yang diduga mengandung racun. Adapun ponsel yang diteliti itu berasal dari 28 merek berbeda, termasuk Xiaomi, Huawei, dan Apple.

Dikutip Solopos.com dari Business Insider, Selasa (24/4/2018), hasil penelitian tersebut tersebut menyebutkan ada tujuh casing ponsel menggunakan bahan kimia melebihi batas maksimal yakni plasticiser dan polycyclic aromatic hydrocarbon yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Kandungan plasticiser pada Xiaomi berada pada angka 17 persen yang disebut melebihi batas aman. Sebab, berdasarkan regulasi yang dikeluarkan di Eropa, kandungan maksimal dari bahan kimia ini adalah 0,1 persen. Artinya bahan kimia yang digunakan Xiaomi pada cover belakang ponselnya 170 kali lipat lebih banyak.

Bahan kimia berbahaya itu juga ditemukan pada penutup ponsel keluaran Apple. Berdasarkan hasil uji coba, kandungan bahan kimia polycyclic aromatic hydrocarbon yang ditemukan 50 persen melebihi ambang batas aman. Menurut Dewan Konsumen Shenzhen, jumlah bahan kimia yang melampaui batas ini bisa memicu kanker pada para penggunanya.

Hasil penelitian itu dibantah tegas oleh pihak Xiaomi. Mereka menegaskan jika produk yang dijual ke pasaran telah memenuhi standar yang berlaku. "Penutup ponsel Xiaomi aman digunakan. Suatu produk yang hendak dipasarkan harus lulus serangkaian tes. Jadi, bisa dipastikan semua produk yang kami jal aman bagi konsumen," demikian pernyataan pihak Xiaomi seperti dikutip dari South China Morning Post.

Berbeda dengan Xiaomi, sampai saat ini pihak Apple belum memberikan tanggapan apapun. Selain itu, penelitian ini juga tidak menjelaskan model smartphone apa saja yang casing-nya mengandung bahan berbahaya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Dari Kamar Mungil, Gadis Boyolali Mendulang Rejeki

Gadis di Boyolali mendulang rejeki dari dalam kamar yang mungil melalui kreativitasnya menempel barang bekas.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Tim Kriket Putra Bali Raih Emas Pertama PON XX Papua

Kalahkan tim kriket putra Papua dengan skor 76-63.

Eksploitasi Anak, Dulu Bocah Silver kini Bayi Silver

Kasus eksploitasi anak dengan dijadikan objek mengamen tidak hanya terjadi saat ini.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Ijazah Jaksa Agung Simpang Siur, Yang Benar Lulusan Mana?

Versi terbaru Kapuspenkum Kejagung, Burhanuddin lulus S1 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Eks Elite FPI Dirikan Perisai Bangsa, Tonton G30S/PKI

Ormas Perisai Bangsa diinisiasi Habib Umar Al Athos yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi FPI Surabaya.

Urai Sampah Dibantu Lalat Bisa Hasilkan Cuan Belasan Juta Sebulan

Urai sampah dengan bantuan lalat bisa hasilkan cuan celasan juta rupiah sebulan.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.

LIVE Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Laga Berakhir, Persis Menang 2-0!

Persis Solo menantang PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.