SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pencetak gol terbanyak Timnas Honduras dan seorang ikon nasional. Itulah gambaran singkat striker veteran, Carlos Pavon yang diharapkan mampu mengangkat performa Honduras yang dianggap sebagai salah satu tim terlemah di Afrika Selatan 2010.

Dengan torehan 57 gol dalam 95 penampilan internasionalnya, striker berusia 36 tahun ini tak diragukan lagi menjadi tumpuan utama di lini serangan Los Catracos, julukan Honduras.
Apalagi dengan kondisi partnernya, David Suazo yang diragukan tampil karena masih berjuang pulih dari cedera kaki, striker yang saat ini membela Real Espana tersebut sepertinya menjadi harapan satu-satunya memimpin barisan serang tim nasionalnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatih Real Espana, Mario Zanabria menggambarkan sosok Pavon sangat berbahaya saat berada di area pertahanan tim lawan. “Dia sangat cepat di sana. Dia seorang pesepak bola profesional dengan fisik yang sangat istimewa. Dia tak butuh terlalu banyak berlatih,” ujar Zanabria menggambarkan sosok Pavon.

“Dia memiliki teknik tinggi. Dia bisa melakukan tendangan dengan kedua kakinya, dia juga seorang penyundul bola yang bagus,” imbuh Zanabria.

Pavon melakukan debutnya bersama Honduras pada tahun 1993, saat usianya 20 tahun. Setelah absen lama membela tim nasionalnya, Pavon kembali dipanggil pelatih Honduras, Reinaldo Rueda, masuk dalam skuat tim nasional sebelum pertandingan terakhir kualifikasi grup Zona Concacaf, tahun lalu.

Dalam comeback-nya ditandai dengan kemenangan Honduras 2-0 atas Cile dalam sebuah laga persahabatan di Miami pada Januari 2009. “Rueda memanggilnya untuk diturunkan dalam pertandingan persahabatan menghadapi Cile, dia tampil dari bangku cadangan dan mencetak gol. Honduras menang dan dia tak pernah lagi ditinggalkan keluar dari tim,” sebut Zanabria.

Pavon mencetak tujuh gol di sisa sembilan pertandingan kualifikasi, termasuk membukukan gol kemenangan 1-0 atas El Savador pada 15 Oktober lalu. Gol Pavon tersebut memastikan Honduras melaju ke putaran final Afrika Selatan 2010.

Data diri

TTL : El Progreso, Honduras, 9 Oktober 1973
Tinggi : 178 cm
Posisi : Striker
Klub : Real Espana
Caps : 98
Gol : 57

anh/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya