SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Rio Haryanto (JIBI/SOLOPOS/Antara)

MADRID – Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, bakal mengikuti tes lomba GP2 Series di Jerez, Spanyol, 22-23 November 2012. Ibu Rio Haryanto, Indah Pennywati, Minggu (18/11/2012) mengatakan, pada tes hari pertama atau Kamis (22/11/2012) Rio Haryanto bersama dengan tim DAMS, sedangkan pada hari kedua atau Jumat (23/11/2012) bersama tim Lotus GP.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Senin (19/11/2012), Rio berangkat ke Spanyol untuk mengikuti tes GP2 Series,” katanya menegaskan. Menurut dia, keikutsertaan Rio untuk mengikuti tes di Jerez, Spanyol, sekaligus untuk mencari tim tempat bernaung Rio pada musim balap mobil tahun depan. “Sampai kini Rio belum mendapatkan tim dan kami berharap melalui tes di Jerez besok bisa mendapatkan tim yang mendukung penampilannya di musim balap mendatang,” katanya.

Ia menambahkan, pada tes pertama di Barcelona, Spanyol, dua pekan lalu, Rio bersama tim Carlin tetapi saat itu belum ada tim yang membuka diri. “Mereka mengatakan ini kan’ masih tes pertama, nanti kalau tes kedua mungkin mereka akan bersikap open,” katanya. Kalau soal sponsor, lanjut dia, memang tidak begitu masalah karena PT Pertamina masih menjadi sponsor utama untuk Rio pada musim balap mendatang. “Rio terikat kontrak dengan Pertamina selama dua tahun,” katanya.

Ia mengatakan, pada 2013 nanti, Rio masih akan berlomba di GP2 Series meskipun rekan satu timnya pada musim balap 2012 Max Chilton sudah mulai merambah Formula One (GP F1). Ketika ditanya apakah musim balap 2013 nanti akan menjadi titik tolak bagi Rio untuk merambah F1, dia mengatakan, keinginan seperti itu tetap ada tetapi banyak faktor yang mempengaruhi untuk bisa tampil di F1.

Ia menyebutkan, bisa saja selama satu musim balap ini penampilan Rio bagus tetapi timnya tidak atau kurang mendukung. “Tetapi yang terpenting adalah faktor biaya,” katanya menegaskan. Pada musim balap 2012, Rio Haryanto yang bergabung dengan tim Carlin menempati posisi ke-14 dari 12 seri lomba dan terakhir di Sirkuit Marina Bay Sands Singapura, September 2012 dengan total nilai 38. Sementara itu rekan satu tim Rio (saat itu) Max Chilton menempati posisi keempat dengan nilai 169, sedangkan posisi pertama ditempati pebalap Italia dari tim DAMS Davide Valsecchi dengan nilai 247.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya