Cari Solusi, Panitia Masjid Sriwedari Solo Berharap Padamu Mas Gibran!

Panitia pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo meyakini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal mengupayakan solusi untuk penyelesaian proyek itu.

 Masjid Taman Sriwedari Solo yang pembangunannya mangkrak sekitar setahun terakhir. Foto diambil Senin (30/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Masjid Taman Sriwedari Solo yang pembangunannya mangkrak sekitar setahun terakhir. Foto diambil Senin (30/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Panitia pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo meyakini Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sedang mengupayakan penyelesaian persoalan pembangunan masjid yang telah mandek sekira dua tahun terakhir itu.

Keyakinan tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari Solo, Farid Sunarto, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (5/8/2022). ”Tapi Pak Wali kan terus mengupayakan penyelesaiannya,” ujarnya via telepon.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tapi saat ditanya upaya apa yang sedang dilakukan Gibran, Farid tidak memberikan gambaran. Dia balik meminta Solopos.com untuk menanyakannya kepada Gibran. “Itu tanyakan Pak Gibran saja. Tapi intinya di pembayaran,” katanya.

Farid menjelaskan selama ini Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari Solo bekerja mendasarkan tugas dari Pemkot Solo. Tugas itu untuk mengawasi pembangunan masjid oleh kontraktor, dalam hal ini PT Wika. “Kami kan mengawasi,” urainya.

Ihwal pengerjaan fisik masjid, menurut Farid, membutuhkan dana Rp165 miliar. Tapi dalam perkembangannya ada usulan tambahan dana Rp29 miliar untuk beberapa kelengkapan, seperti elektrikal dan pembuatan taman-taman.

Baca Juga: Material Proyek Masjid Sriwedari Solo Dibawa Pergi Pakai Truk, Kenapa?

“Kemarin ada usulan tambahan sekitar Rp29 miliar untuk kelengkapan elektrikal, taman-taman dan sebagainya. Ya memang muncul Rp29 miliar. Tidak include, tapi tambahan. Yang tahu persis [Dinas] PUPR, tapi intinya, ada kekurangan,” paparnya.

Usulan Dana Tambahan

Adanya usulan tambahan dana sebesar itu untuk pembangunan, menurut Farid, agar Masjid Taman Sriwedari Solo dapat berfungsi dengan sempurna. Dia mencontohkan peruntukan tambahan dana untuk super lighting, yang belum masuk perencanaan awal.

Sedangkan capaian pembangunan 80 persen, menurut Farid, merujuk terpasangnya material bangunan. Untuk pembayaran pembangunan belum sampai Rp60 miliar. “Saya belum bisa matur. Tapi di bawah Rp60 miliar,” katanya.

Baca Juga: Dapat Donasi Rp104 Juta, Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Lanjut Lagi?

Pembayaran itu dari Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari kepada kontraktor pelaksana, PT Wika. Dia mengakui ada kekurangan banyak untuk pembayaran maupun penyelesaian pembangunan. “Iya masih kurang banyak,” sambungnya.

Disinggung ihwal adanya donasi Rp104 juta dari kegiatan Unity For Charity di Taman Sunan Jogo Kali Pucangsawit, Jebres, Farid memberikan apresiasi besar. Dia tidak melihat nominal donasinya, tapi bentuk dukungan moral tersebut.

“Bukan masalah nilai, tapi secara moral bisa menggerakkan kegiatan itu dengan event yang cukup lama, sebulan. Itu sebuah gerakan moral luar biasa untuk memberikan dukungan kepada penyelesaian masjid taman,” urainya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Ndarboy Genk Tampil, Stadion Trikoyo Klaten Laksana Lautan Manusia

    Penyanyi lagu pop Jawa dan koplo, Ndarboy Genk, menggoyang panggung konser di Stadion Trikoyo Klaten, Minggu (7/8/2022) malam.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan, Ini Rute Pengalihan Kendaraan Berat

    Kementerian Perhubungan telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas pengalihan kendaraan berat saat simpang Joglo ditutup total selama tiga bulan.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Kota Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Kota Klaten.

    Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Gondang Winangun Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Gondang Winangun, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Pedan Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.