Cari Rumah Bersubsidi? Cek Dulu di 3 Situs Resmi Pemerintah Ini
Ilustrasi rumah bersubsidi. (Bisnis/Rahman)

Solopos.com, SOLO – Rumah bersubsidi merupakan program pemerintah sebagai alternatif bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar mempunyai tempat tinggal layak huni. Adapun keuntungan yang dapat diperoleh yaitu hunian ini tidak dikenai pajak plus dan bunga rendah.

Program perumahan ini sangat mudah diakses oleh masyarakat. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyiapkan portal online yang menyajikan berbagai informasi lengkap berkaitan dengan rumah bersubsidi, di antaranya harga, lokasi, pengembang, hingga transaksi.

Batu Diduga Prasasti Langka Peninggalan Abad Ke-9 Ditemukan Di Tawangmangu

Berikut tiga situs penyedia informasi perumahan bersubsidi, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Rumahsubsidi.pu.go.id
Merupakan situs resmi milik Kementerian PUPR yang digunakan untuk mengakses seluruh informasi terkait perumahan bersubsidi di seluruh provinsi di Indonesia. Tersedia data yang lengkap hingga luas bangunan, tipe rumah, luas bangunan, dan nama pengembang.
Walaupun sasaran utama situs ini adalah untuk masyarakat, namun pengembang dapat juga mengakses jika ingin memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Luncurkan Inovasi Baru

Sikumbang.ppdpp.id
Sikumbang atau Sistem Informasi Kumpulan Pengembang merupakan website yang menyediakan pendataan dan informasi tentang perumahan bersubsidi maupun tidak. Situs ini sebagai salah satu situs pendukung realisasi program rumah dengan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Informasi yang dapat kita lihat di website ini berupa foto rumah, nama dan kontak pengembang, alamat perumahan, serta peta digital perumahan.

Unik! Lahan Milik Warga Sidoharjo Klaten Ini Kena Proyek Tol Solo-Jogja, Tapi Cuma 1 Meter Persegi

Untuk mengakses informasi tersebut, pengunjung situs harus memilih lokasi perumahan yang akan dituju. Kemudian SiKumbang akan menampilkan hasil dari pencarian dari unit perumahan yang tersedia lengkap dengan spesifikasi rumah yang diidamkan.

Aplikasi SiKasep
Pusat Pengelolaan Dana dan Pembiayaan Perumahan resmi meluncurkan inovasi baru berupa aplikasi Sistem Informasi KPR Sejahtera atau SiKasep yang memuat informasi lengkap mengenai backlog perumahan yang lebih akurat beserta update data dan informasi kesediaan perumahan bersubsidi untuk MBR. Untuk mendapatkan berbagai informasi yang tersedia di dalamnya, masyarakat cukup mengunduh dan mendaftarkan diri di aplikasi SiKasep.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom