SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Timun merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai campuran kosmetik. Mentimun memang memiliki segudang khasiat untuk kulit wajah, mulai dari menyegarkan, melembapkan, mencerahkan, hingga mengusir jerawat. Mentimun bisa juga dipakai untuk merawat kulit sensitif atau yang sedang teriritasi.

Itulah sebabnya mentimun tidak pernah absen dari kosmetik khusus kulit berminyak dan berjerawat. Namun, kandungan mentimun di dalam suatu produk kosmetik tentu tidak banyak. Mentimun yang dipakai sebagai campuran kosmetik telah diekstraksi dan diberi campuran berbagai bahan kimia.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Bagi yang khawatir dengan efek samping bahan kimia bisa merawat kulit wajah dengan timun segar di rumah. Anda bisa membuat penyegar dan masker dari timun yang alami tanpa efek samping apapun. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Senin (8/10/2018), berikut:

Toner

Siapkan parutan timun yang sudah dikupas, dua sendok makan air, dan dua sendok makan witch hazel. Witch hazel merupakan ekstrak daun, kulit kayu, dan ranting tanaman bunga jamamelis virginiana. Anda bisa mendapatkan witch hazel di toko khusus kosmetik. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan simpan di botol dan masukkan ke dalam kulkas agar tahan lama. Aplikasikan toner tersebut ke wajah yang kering, bersisik, serta berjerawat setiap hari dengan kapas bersih untuk mendapatkan hasil maksimal.

Masker

Siapkan tiga sendok makan timun parut, satu sendok makan yoghurt, dan satu sendok makan madu. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata. Aplikasikan masker timun ke wajah sampai mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

Selain melembapkan, pemakaian masker dan toner timun ini dapat menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Produk kecantikan ini bisa dipakai setiap hari karena berasal dari bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya