SOLOPOS.COM - Ilustrasi saluran air yang kotor (Darkross.com)

Tips rumah kali ini akan membahas lima lokasi di dalam rumah yang bisa dibersihkan dengan baking soda.

Solopos.com, SOLO – Memiliki rumah bersih dan sehat tentunya menjadi impian semua orang. Akan tetapi, membersihkan rumah bukan aktivitas yang mudah. Ada bagian-bagian tertentu dalam rumah yang butuh penanganan khusus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak butuh peralatan mahal, baking soda [soda kude] pun bisa digunakan untuk membersihkan beberapa bagian rumah. Dikutip Solopos.com dari About.com, Kamis (8/9/2016), inilah lima tempat atau benda di rumah Anda yang bisa dibersihkan menggunakan soda kue:

Saluran Air
Setiap rumah pasti memiliki saluran air,baik di kamar mandi atau tempat cuci piring. Saluran air adalah tempat paling banyak terdapat timbunan kotoran karena setiap hari dialiri air. Kotoran yang tertimbun bisa menyebabkan sumbatan. Sebelum hal itu terjadi, perlu dilakukan pembersihan berkala. Soda kue bisa dijadikan pilihan untuk membersihkan saluran air.

Ada dua cara membersihkan saluran air menggunakan soda kue. Cara pertama menggunakan kombinasi soda kue dan air cuka yang sebelumnya sedikit dipanaskan. Tuangkan satu cangkir kue soda dan satu cangkir air cuka ke saluran air. Biarkan selama 5 menit sebelum menyiram saluran air dengan air panas.

Cara kedua menggunakan campuran satu cangkir soda kue dengan setengah cangkir garam. Tuangkan kombinasi tersebut ke dalam saluran air, setelah itu diamkan selama kurang lebih satu malam atau 12 jam. Kemudian siram saluran air dengan air panas.

Mesin Cuci
Soda kue tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan baju, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci. Caranya, campurkan soda kue dan pasta air untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci. Selain itu soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran air di mesin cuci.

Kulkas
Soda kue biasa digunakan untuk menyerap aroma-aroma tidak sedap yang dihasilkan kulkas. Akan tetapi, fungsinya tidak berhenti di situ saja. Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda-noda di rak kulkas. Caranya, cukup campurkan soda kue dengan air, oleskan campuran itu di tempat yang hendak dibersihkan.

Oven
Soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda membandel di oven. Caranya sangat sederhana, tapi disarankan menggunakan penyemrot air. Campurkan soda kue dan air, kemudian semprotkan secara merata ke dinding oven. Tunggu beberapa jam, lalu ulangi hingga noda-noda membandel rontok dengan sendirinya.

Tempat Sampah
Tempat sampah menjadi sumber bau tak sedap di rumah. Hal ini bisa dibereskan oleh soda kue, cukup taburkan soda kue di tempat sampah sebelum diisi. Selain itu soda kue juga bisa membantu menghilangkan noda membandel yang ada di tempat sampah. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya