SOLOPOS.COM - Laman pedulilindungi.id yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh sertifikat vaksin.

Solopos.com, SOLO –  Sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat untuk berbagai kegiatan. Tak perlu khawatir karena rupanya sertifikat vaksin tersebut bisa diunduh dengan smartphone hanya dengan waktu 5 menit.

Dua sertifikat vaksin bisa diunduh di laman pedulilindungi.id. Dan jika belum memiliki akun di laman tersebut, anda bisa membuatnya dalam waktu yang singkat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Solopos.com mencoba melakukannya, Jumat (10/9/20210). Dan dua sertifikat vaksin, vaksin pertama dan ke dua, berhasil terunduh. Namun sebelum mengunduh ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Banjir Kritikan

Pastikan anda telah memegang e-KTP atau telah menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK). Jika perlu ketik NIK di fitur catatan pada smartphone sehingga bisa kapan saja menyalin dan menempel saat diperlukan mengisikan data tersebut.

Berikutnya siapkan fitur pesan singkat atau SMS pada smartphone dengan nomor yang telah didaftarkan saat mengikuti vaksinasi. Dua data tersebut lebih sering muncul dalam kolom pengisian saat ingin mengakses sertifikat digital.

Setelah itu, anda bisa membuka dengan mesin pencari atau browser yang ada pada smartphone. Dan masukkan alamat ini: pedulilindungi.id.

Baca Juga: Akun Terverifikasi Instagram, Baru Punya Gibran di Antara Kepala Daerah Soloraya

Setelah masuk ke laman tersebut, coba cekpada bagian kanan atas. Terdapat tiga garis di bagian itu dan anda bisa coba klik. Akan muncul pilihan login/register pada bagian paling bawah.

Jika sudah klik, akan muncul permintaan memasukkan nama lengkap dan nomor telepon. Selain menggunakan nomor telepon, anda juga bisa menggunakan email sebagai penggantinya.

Pastikan klik untuk memunculkan tanda centang pada bagian persetujuan menarima segala isi syarat penggunaan dan kebijakan privasi. Lalu, anda bisa klik tulisan daftar pada bagian berlatar belakang biru langit.

Baca Juga: Speedtest Rilis Peta Sinyal, Kawasan Gambir Paling Ramai Warna

Saatnya anda masuk dan sistem melakukan verifikasi. Pastikan pilihan masuk ke akun menggunakan nomor telepon. Pastikan memasukkan nama dan nomor telepon secara benar dan giliran anda mengecek kode yang dikirimkan via SMS. Dengan nama PEDULICOVID, admin akan mengirimkan enam digit OTP atau kode verifikasi.

Kembali ke lama pedulilindungi.id dan masukkan enam digit tersebut lalu tekan tulisan “Verifikasi. Setelah berhasil masuk, anda bisa klik lagi tiga garis pada bagian kanan atas. Anda tinggal klik baris ke dua dari bawah yang tertulis nama anda.

Baca Juga: Pemakai PeduliLindungi Kian Luas, Pengelola Mal Berharap Aturan Diperlonggar

Pada bagian paling bawah akan muncul pilihan bertuliskan “Sertifikat Vaksin”. Setelah diklik, akan muncul nama anda lagi dan klik sekali lagi layar akan menampilkan dua gambar sertifikat vaksin anda.

Kemudian giliran anda mengklik masing-masingnya dan pilihan unduh sertifikat bakal muncul pada bagian bawah. Jika telah menyiapkan hal-hal tadi di atas, pengguna bisa cepat mendapatkan unduhan yang bisa dicek pada galeri atau folder mana File Saya pada smartphone anda. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya