SOLOPOS.COM - Aplikasi cara screenshot panjang di HP. (Google Play Store)

Solopos.com, SOLO — Terkadang kita ingin menyimpan informasi di layar handphone dengan cara screenshot chat, namun hanya yang terlihat saja. Lantas bagaimana cara screenshot panjang agar bisa tersimpan semua.

Informasi yang ada di layar terkadang cukup panjang, namun karena ketidaktahuan maka kita dibuat repot ketika harus menyimpannya dengan cara screenshot.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Sehingga harus beberapa kali melakukan screenshot informasi yang ada di layar tersebut. Sebenarnya ada cara screenshot agar informasi yang panjang bisa tersimpan.

Dikutip Solopos.com dari Hitekno.com dan Carisinyal.com, beberapa merek smartphone ada yang bisa mengambil tangkapan layar yang panjang. Seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Huawei, bahkan iPhone.

Tetapi jika handphone milikmua tidak bisa digunakan untuk itu, maka masih bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store.

Baca juga: Mau Bikin NFT Pasrahkan Saja Kepada Aplikasi Ini

Adapun cara screenshot panjang di HP tanpa aplikasi adalah tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan, persis seperti saat screenshot biasa.

Kemudian setelah tangkapan layar berhasil diambil, akan muncul opsi ‘Scroll’ atau opsi serupa lainnya tergantung merek HP yang digunakan. Pilih menu tersebut.

Selanjutnya scroll layar sampai panjang screenshot yang akan diambil. Lalu pilih tombol ‘Save’ untuk menyimpan hasil screenshot panjang.

Bisa juga menggunakan aplikasi Longshot di Play Store. Untuk itu unduh dulu aplikasi tersebut. Setelah itu buka aplikasi Longshot.

Baca juga: Deretan Smartphone Ini Memiliki Baterai Terbaik di 2022

Setelah aplikasi terbuka cara screenshot panjang adalah tinggal copy dan paster URL situs yang ingin di screenshot informasinya.

Apabila laman web yang dimaksud sudah terbuka, selanjutnya tinggal scroll saja layarnya sampai batas di mana ingin berhenti menangkap layar.

Kemudian, pilih tombol ‘End here and capture’ yang berada di pojok kanan bawah. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di galeri. Mudahkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya