SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

Polusi udara, cuaca kering, dan terlalu lama berada di depan komputer dapat menyebabkan mata kering dan gatal. Selain faktor tersebut, rupanya semakin tua usia seseorang, lebih mungkin mengalami mata kering kronis, terutama setelah menopause pada wanita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir prevention, Jumat (30/11/2012), cegah mata kering dengan melakukan 6 langkah mudah berikut ini:

1. Istirahatkan Mata
Berada di depan komputer sepanjang hari dapat membuat mata kering , sehingga istirahatkan mata Anda selama satu menit setiap satu jam melihat komputer.

2. Tetes Mata
Air mata buatan adalah tetes mata yang dapat Anda peroleh di apotek, mampu meredakan mata kering dan mengurangi rasa tidak nyaman pada mata. Pilihlah tetes mata yang aman dan tanpa bahan pengawet, yang dapat menyebabkan iritasi mata. Gunakan setiap beberapa jam jika mata terasa sangat kering dan perih.

3. Asupan Omega-3
Omega-3 terbukti dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di mata. Peradangan inilah yang seringkali menjadi penyebab utama mata kering. Atasi dengan meningkatkan konsumsi ikan atau mengambil suplemen minyak ikan.

4. Lepas Lensa Kontak
Menggunakan lnmsa kontak juga merupakan salah satu faktor penyebab mata kering. Segera lepas lensa kontak Anda begitu sampai di rumah setelah beraktivitas untuk memberikan waktu bagi mata agar dapat beristirahat lebih lama.

5. Perhatikan Obat-obatan yang di Konsumsi
Obat-obatan tertentu, seperti antihistamin untuk alergi, dapat menyebabkan mata kering karena obat tersebut dirancang untuk mengeringkan sinus. Beberapa pil KB juga dapat menyebabkan mata kering. Tanyakan kepada dokter apakah ada pilihan obat lain yang tidak menyebabkan mata kering.

6. Pijat Mata
Andrew Weil, MD, direktur Arizona Center for Integrative Medicine dan seorang profesor kedokteran klinis di University of Arizona, menyarankan untuk memijat mata dengan cara ini untuk mencegah mata kering:

– Gosokkan kedua tangan untuk menghangatkannya, kemudian letakkan kedua siku Anda di atas meja dan topanglah mata yang terpejam dengan tumit telapak tangan. Ambil napas dalam-dalam, kemudian terapkan tekanan ringan pada mata. Tahan sebentar kemudian lepaskan.

– Gunakan ibu jari untuk memijat lembut alis Anda, dimulai pada daerah antar alis kemudian pijatlah dengan tekanan ringan sepanjang tulang di bawah alis. Setelah selesai, buka mata Anda lebar-lebar dan tarik napas dalam-dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya