Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tak Cepat Kusam

Perhiasan emas perlu mendapatkan perawatan rutin, apalagi jika disimpan dalam jangka waktu lama dan pada musim hujan. Bagaimana langkah tepat perawatan perhiasan emas agar tidak terlihat kusam?

Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tak Cepat Kusam

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perhiasan (Bisnis-Felix Jody Kinarwan)

Solopos.com, JAKARTA — Menggunakan perhiasan emas bisa menambah kepercayaan diri bagi sebagian orang. Namun sayangnya lambat laun perhiasan emas bisa terlihat kusam sehingga kurang mentereng saat digunakan oleh pemiliknya.

Perhiasan emas perlu mendapatkan perawatan rutin, apalagi jika disimpan dalam jangka waktu lama dan pada musim hujan. Bagaimana langkah tepat merawat perhiasan emas agar tidak terlihat kusam?

Direktur pelaksana dari The House of MBj India Gautam Soni, seperti dilansir Indian Express, Senin (29/7/2019), menyampaikan tips perawatan perhiasan emas seperti berikut ini:

1. Jaga dari air

Jauhkan perhiasan emas Anda dari air karena air dapat merusaknya. Terkadang, ada sebagian orang yang membiarkan cincinnya terpapar sabun dan air sehingga menyebabkan perhiasan itu kehilangan kemilaunya. Menghindari kontak dengan air dapat membuat lapisan pengilat perhiasan bertahan lebih lama. Jika Anda ingin membersihkan perhiasan emas, gunakan air hangat.

2. Simpan di dalam kotak terpisah

Anda harus menyimpan dalam kotak terpisah untuk memastikan perhiasan emas tidak bercampur dengan aksesori lain. Penyimpanan perhiasan emas secara terpisah juga menjaga terpapar cat dan menghindari goresan.

3. Kantong beludru

Paparan lembap berlebih bisa memengaruhi perhiasan. Anda sebaiknya membawa aksesoris di kantong beludru karena bisa melindungi perhiasan dari kelembapan udara sehingga aman untuk waktu penyimpanan yang lebih lama

4. Jauhkan dari air hujan

Air hujan bisa merusak kemilau perhiasan Anda. Tapi jika sudah telanjur terpapar, pastikan segera mengeringkannya, lalu simpan kembali ke dalam kotak.

5. Gel silika

Silica membantu menyerap kelembaban berlebih sehingga menjaga cincin dan rantai perhiasan Anda tetap berkilau.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pantauan Kejari Karanganyar, Tak Temukan Penimbunan Obat

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar terus melakukan pemantauan peredaran obat di Karanganyar sejak awal PPKM Darurat hingga PPKM Level 4.

PKL Solo Baru Sukoharjo Menjerit: Jalan Jangan Ditutup, Lampu Jangan Dimatikan!

Para PKL di kawasan Solo Baru Sukoharjo meminta pemerintah melonggarkan kebijakan penyekatan ruas jalan dan pemutusan aliran listrik lampu penerangan jalan.

Jokpro 2024 Terus Gerilya Jokowi Tiga Periode

Hasil survei SMRC pada Mei 2021 menyebut, 52,9 persen responden masih menginginkan Presiden Jokowi kembali menjabat.

Sosialisasi 4 Pilar, Aria Bima Upayakan Penyapu Jalan di Solo Divaksinasi

Aria Bima akan mengupayakan agar para penyapu jalan dan keluarganya di Solo segera mendapat vaksin Covid-19.

Alhamdulillaah, Indonesia Bakal Punya Hotel di Arab Saudi

Investasi berbentuk kepemilikan fasilitas akomodasi dan hotel di Arab Saudi untuk jemaah haji dan umrah Indonesia.

Solo PPKM Level 4, Bhayangkara FC Belum Putuskan Latihan

Para pemain belum akan dikumpulkan dalam waktu dekat menyusul aturan PPKM di Kota Solo.

Kisah Petani Cawas, Rela Tak Ke Sawah Demi Vaksinasi di Polres Klaten

Seorang petani asal Pakisan, Kecamatan Cawas, rela meninggalkan sawahnya demi mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mapolres Klaten.

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.

Viral Polisi Bantu Pedagang Tua Jualan Koran di Gemblegan Solo, Netizen Terenyuh

Aksi polisi yang membantu pedagang berjualan koran di Solo terekam video viral di media sosial dan menuai pujian netizen.

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.