SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat cat mobil (Suzuki)

Solopos.com, SOLO-Di pabrik pembuatan mobil, pewarnaan dengan cat ini dilakukan dengan bahan yang sama dan proses yang sama untuk setiap jenis mobil yang sama.

Oleh sebab itu, kualitas warna atau cat mobil tersebut juga sama untuk setiap jenis atau seri yang sama.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Tetapi ketika mobil tersebut sudah dibeli dan digunakan oleh konsumen yang berbeda-beda tentunya, warna atau cat mobil juga akan berbeda-beda. Ada yang masih bagus dan kinclong, dan ada juga yang sudah kotor dan kusam atau bahkan harus dicat ulang.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan perlakukan terhadap mobil itu sendiri. Lantas perawatan cat mobil seperti apa yang bisa dilakukan agar warna mobil tetap awet tanpa harus berulang kali melakukan pengecatan mobil? Berikut  tips-tips yang dirangkum oleh Suzuki Indonesia:

 

Rutin mencuci mobil secara teratur

Mencuci mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga keindahan cat mobil dan mencegah kusam. Ketika mobil digunakan, debu, kotoran, dan noda lainnya dapat menempel pada cat mobil, yang jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat.

Oleh karena itu, mencuci mobil secara teratur menggunakan sabun mobil yang aman adalah cara yang efektif untuk menghilangkan kotoran dan menjaga cat mobil tetap bersih dan berkilau.

Saat mencuci mobil, pastikan untuk menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak cat mobil. Mencuci mobil secara rutin dapat membantu menjaga cat mobil tetap bersih, terlihat indah, dan menghindari kerusakan pada cat mobil.

 

Gunakan wax mobil secara teratur

Wax mobil akan membantu melindungi cat dari kerusakan akibat sinar matahari, noda air hujan, dan kotoran lainnya. Ketika wax mobil dioleskan pada permukaan cat mobil, wax akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kusam pada cat mobil.

Selain itu, wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil. Pastikan untuk menggunakan wax mobil yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.

Dengan mengoleskan wax mobil secara teratur pada mobil bisa membantu menjaga keindahan cat mobil dan melindungi cat dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

 

Bersihkan kotoran secara teratur

Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama di atas mobil kamu, karena hal ini dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan kusam. Kotoran seperti noda kotoran burung atau serangga dapat sangat merusak cat mobil jika tidak segera dibersihkan, karena zat-zat yang terkandung dalam noda tersebut dapat merusak lapisan cat mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan noda tersebut secepat mungkin dan jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama pada cat mobil.

 

Hindari parkir di bawah sinar matahari langsung alias dijemur

Gunakan tempat parkir yang teduh untuk melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kusam pada cat mobil. Paparan sinar matahari secara terus-menerus dapat merusak cat mobil dan membuatnya kusam, terutama pada mobil dengan cat berwarna terang. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mencari tempat parkir yang teduh, terutama pada saat siang hari.

 

Pilih sabun mobil yang tepat.

Hindari penggunaan sabun pencuci piring atau sabun cuci baju yang dapat merusak cat mobil. Pastikan untuk memilih sabun mobil yang tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak cat mobil, serta sabun yang aman dan tidak merusak lapisan pelindung cat mobil.



Gunakan produk pembersih cat yang tepat untuk menghilangkan noda yang sulit dihapus dan menjaga cat mobil tetap bersih dan berkilau. Produk pembersih cat seperti clay bar, polish, atau compound dapat membantu membersihkan noda dan goresan yang sulit dihapus, serta membuat cat mobil terlihat lebih bersih dan berkilau.

Pastikan untuk menggunakan produk pembersih yang tepat dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.Pilih sabun mobil yang tepat untuk merawat cat mobil kamu. Hindari penggunaan sabun pencuci piring atau sabun cuci baju yang dapat merusak cat mobil.

 

Lakukan perawatan di bengkel

Jika kamu tidak memiliki waktu atau keahlian untuk merawat cat mobil sendiri, gunakan layanan perawatan eksterior mobil di bengkel resmi yang berpengalaman dan terpercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya