Cara Mengubah Internet Lemot Jadi Cepat, Bisa Betah WFH Nih!
Ilustrasi penggunaan internet. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Selama pandemi virus corona, sebagian pekerja diharuskan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dengan memanfaarkan jaringan internet. Namun bagaimana jika internet tiba-tiba jadi lemot alias tak cepat lagi?

Beberapa faktor mungkin akan mempengaruhi kecepatan internet sehingga mengganggu WFH. Selain kuota data harus terpenuhi, beberapa cara bisa dilakukan agar internet lemot jadi cepat lagi.

Inilah cara mengubah internet lemot jadi cepat yang dihimpun dari Detik.com:

1. Cek Jaringan

Jika Anda sudah di wilayah yang mendukung teknologi jaringan 4G, maka manfaatkanlah! Ubahlah pengaturan perangkat dari semula 3G atau lainnya menjadi 4G. Teknologi jaringan 4G akan mempercepat koneksi internet Anda.

2. Gunakan Ads-Blocker

Iklan bisa menjadi salah satu penyebab internet yang kita gunakan menjadi lemot. Untuk itu disarankan untuk menggunakan ads-blocker. Beberapa browser seperti Opera dan UC telah membekali fitur ini.

3. Hapus Cache

Cache yang dibiarkan menumpuk bisa membuat performa ponsel menjadi berkurang karena cache menggunakan penyimpanan internal yang memiliki efek memperngaruhi koneksi pada internet. Kita bisa menghapus cahce dengan cara settings - aplikasi - pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya - clear cache. Dengan begitu, internet lemot akan sedikit menjadi lebih cepat.

4. Airplane Mode

Airplane mode bisa menjadi salah satu cara untuk membuat koneksi internet menjadi cepat. Fitur ini berfungsi untuk mengulang koneksi internet ke jaringan operator.

5. Optimasi Wifi dengan Power Cycling Router

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mematikan router wifi dan menunggu 10 detik, setelah itu silakan dinyalakan kembali. Saat kembali menyala, kecepatan dari internet yang lemot akan menjadi cepat seperti semula.

6. Limitasi Bandwidth

Terkadang provider melakukan pembatasan bandwidth. Untuk itu, kita bisa mengatasinya dengan mengatur limitnya. Hal ini bisa dilakukan secara manual misalnya dengan membatasi kecepatan download dan update pada malam hari.

Bisa juga mengaktifkan Quality of Service (QoS) yang ada pada control panel router. Fitur ini biasanya untuk mencegah orang lain untuk melakukan download pada waktu tertentu dan hanya bisa melakukan download pada waktu yang telah ditentukan.

7. Gunakan VPN

VPN bisa digunakan saat terjadi pelambatan pada internet di traffic tertentu. VPN bisa menjadi solusi berkat berubahnya alamat IP yang bisa mempercepat koneksi internet, tentu asal terhubung dengan IP yang tepat.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho