SOLOPOS.COM - Ilustrasi benda berkarat (Haibunda)

Solopos.com, SOLO-Cara menghilangkan karat pada benda logam bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan sekitarnya.

Caranya juga cukup mudah sehingga kamu tidak terlalu capai saat membersihkankarat tersebut,

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut cara menghilangkan karat pada besi dengan berbagai bahan, dikutip dari Lottemart.

 

  1. Merendam dan menggosok karat dengan cuka

Cara yang pertama untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan merendam dan menggosoknya dengan cuka. Ini mungkin menjadi cara yang ampuh bagi Anda yang bingung bagaimana jika peralatan rumah tangga muncul karat mengganggu.

Hebatnya, cuka ini bisa membersihkan cuka secara permanen. Karat tidak akan muncul kembali setelah proses merendam dan menggosoknya. Jadi Anda bisa mencobanya untuk barang-barang berupa peralatan rumah, perkakas atau pun spare part motor.

Anda cukup menyiapkan saja air cuka sebanyak benda yang ingin dihilangkan oksidasinya. Langkah pertama, siapkan wadah dan masukkan air cuka ke dalamnya, masukkan benda berkarat yang ingin dibersihkan. Pastikan semua bagiannya tertutupi dengan sempurna.

Setelah itu, Anda bisa menunggu semalam. Baru paginya, Anda bisa menggosok dengan sikat gigi tidak terpakai atau sikat cucian hingga barang kinclong. Jika masih ada sisa karatnya, bisa lakukan ulang step sebelumnya hingga benar-benar hilang.

 

  1. Menggunakan sabun cuci piring

Apabila barang di rumah sudah terlanjur berkarat, Anda bisa membersihkannya dengan sabun pencuci piring lho. Salah satu yang paling ampuh adalah menggunakan Sunlight. Persiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, diantaranya adalah Sunlight, sikat gigi bekas dan air secukupnya,

Bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di rumah, jadi Anda tidak perlu khawatir. Pastikan sabun cuci piring yang digunakan adalah Sunlight. Anda bisa gunakan varian apa saja.

Gunakan Sunlight Dishwash Lime New Refill Pouch 560 mL untuk hasil yang memuaskan, Anda juga bisa gunakan alternatif pilihan lain seperti Sunlight Korean Strawberry. Yang terpenting masih dari merk yang sama. Keduanya memiliki formula yang baik untuk menghilangkan karat pada besi.

Jika semua bahan sudah siap, kini Anda bisa memasukkan benda berkarat ke dalam wadah. Tetesi dengan Sunlight secara perlahan dan biarkan terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa memasukkan air secukupnya dan mulai menggosok hingga karat bersih. Ulangi step tersebut hingga seluruh permukaan terbebas dari karat.

 

  1. Kombinasi garam dan lemon

Cara menghilangkan karat lainnya adalah garam dan lemon. Kedua kombinasi bahan tersebut cukup ampuh membasmi karat.

Caranya mudah, Anda cukup siapkan barang apa saja yang berkarat. Kemudian taburkan garam hingga menutupi permukaannya. Selanjutnya, Anda bisa teteskan air perasan lemon dan membiarkan keduanya bereaksi. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, untuk karat yang parah lebih baik lebih lama.

Baru setelah itu Anda bisa menggosoknya dengan kawat besi atau pun sikat. Kemudian membilasnya, setelah dibilas bisa langsung dijemur dibawah terik matahari supaya kering. Mudah bukan?

 

  1. Menggunakan pasta gigi

Jika di rumah hanya ada pasta gigi, Anda juga bisa menggunakannya lho. Praktis dan cukup ampuh menghilangkan reaksi kimia oksidasi yang menyebabkan karat. Tidak perlu khawatir karena caranya juga tidak sulit.

anda cukup mengoleskan ke permukaan barang atau pun spare part motor. Setelah itu, biarkan pasta gigi mengering dengan sendirinya, tunggu hingga benar-benar kering baru Anda bisa menggosoknya hingga benar-benar bersih.

 

  1. Pakai asam oksalat

Karat merupakan hasil dari reaksi kimia. Oleh karena itu cara menghilangkanya juga dengan cairan kimia salah satunya adala asam oksalat. Anda bisa menemukannya di toko bahan kimia.

Cara membersihkan karat menggunakan asam oksalat bisa dimulai dengan melarutkannya sesuai dengan petunjuk di kemasan. Rendam benda yang berkarat dalam larutan asam oksalat selama beberapa jam. Setelah itu, gunakan sikat kawat atau sikat gigi untuk menghilangkan karat yang terlepas.Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

 



  1. Poles dan gosok dengan minyak

Bahan satu ini sangat mudah untuk ditemukan. Tentu selalu ada di rumah tangga dan juga mudah ditemukan di warung terdekat. Bahannya sangat sederhana namun cukup ampuh menghilangkan karat pada permukaan.

Caranya adalah dengan menuangkan sedikit minyak pada kain lap atau bola kapas. Oleskan minyak tersebut pada area yang berkarat dan biarkan meresap selama beberapa jam atau semalam.Gunakan sikat gigi atau sikat kawat untuk menghilangkan karat yang terlepas. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Anda bisa ulangi stepnya hingga permukaan benar-benar bersih.

 

  1. Gunakan baking soda

Cara menghilangkan karat selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan sedikit air. Aduk hingga konsistensinya seperti pasta gigi.

Oleskan ke permukaan barang atau pun perkakas rumah hingga merata. Tunggu beberapa jam, kemudian disikat dengan sikat gigi bekas. Sikat secara pelan-pelan saja, hingga permukaannya bersih. Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.

 

  1. Gosok dengan sikat kawat dan ampelas

Kalau cara ini mungkin cukup ekstrim, tetapi sudah terbukti bisa membersihkan perkakas rumah tangga Anda. Caranya adalah gunakan sikat kawat atau alat pengikis untuk menghilangkan karat yang terkelupas secara kasar dari permukaan besi. memang yang satu ini membutuhkan cukup banyak tenaga.

Setelah itu, gunakan amplas halus atau kertas pasir berukuran kecil untuk meratakan permukaan dan menghilangkan sisa-sisa karat yang tersisa. Gosok terus menerus hingga permukaan benar-benar bersih. Ulangi langkahnya jika karat membandel.

 

  1. Manfaatkan produk khusus pembersih karat

Seperti yang diketahui bersama, saat ini sudah banyak sekali produk bermanfaat yang memudahkan kehidupan Anda. Salah satunya adalah produk yang dirancang khusus untuk membersihkan karat.

Anda cukup mengikuti saja instruksi pada kemasan, biasanya untuk produk pembersih karat memerintahkan Anda untuk menyiapkan sikat besi atau sikat biasa supaya penggunaan produknya menjadi lebih maksimal.

Demikian cara menghilangkan karat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya