SOLOPOS.COM - Ilustrasi HP disadap. (Tabloidtekno.com)

Solopos.com, SOLO — Handphone atau HP merupakan perangkat teknologi rawan penyadapan. Lantas bagaimana cara mengetahui HP disadap.

Sebagai perangkat komunikasi dan juga pendukung kegiatan harian sekaligus bisa digunakan untuk menyimpan data-data penting, HP memang rawan disadap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika hal ini sampai terjadi, maka data yang ada di handphone bisa dicuri oleh pelaku kejahatan siber untuk dimanfaatkan dalam melakukan kejahatan.

Tidak hanya itu, komunikasi atau percakapan yang kita lakukan melalui HP akan diketahui dengan mudah oleh penyadap.

Ekspedisi Mudik 2024

Apabila hal ini sampai terjadi pada HP Anda, maka hati-hati karena bisa saja penyadap memanfaatkan untuk kejahatan.

Baca juga: WhatsApp Sudah Daftar PSE Kominfo, Pengguna Aplikasi Pesan Lega

Kendati demikian Anda bisa melakukan sejumlah cara mengetahui HP disadap atau tidak. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan seperti dikutip Solopos.com dari Tabloidtekno.com dan Hosteko.com:

Anda bisa mengecek melaui kode rahasia. Kode rahasia bisa diakses dengan cara melakukan panggilan atau dial pada umumnya.

Buka lambang telepon pada HP, selanjutnya silahkan ketik salah satu kode dial berikut ini *#21# atau *#*#002#*#*, Lalu tekan panggil atau call.

Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi yang menyatakan tentang panggilan itu. Jika semua status dari menu yang tersedia adalah tidak diteruskan atau Not Forwarded maka hp anda dalam keadaan aman.

Baca juga: Ini Penyebab Ponsel Meledak Seperti Kejadian di Gantiwarno Klaten

Cara mengetahui HP disadap atau tidak bisa diketahui ketika Anda sedang melakukan panggilan. Maka akan terdengar suara-suara aneh atau bising bukan dari sekitar Anda atau yang ditelpon.

Saat HP Anda disadap, ketika melakukan panggilan kendati nomor atau kontak yang dituju sudah benar namun salah sambung. Hal ini bisa jadi penyadap mengalihkan nomor panggilan.

Pesan yang masuk sering kali sudah terbaca, padahal Anda sama sekali belum membuka pesan tersebut baik SMS maupun WhatsApp. Jika itu terjadi, berarti HP Anda disadap.

Tiba-tiba muncul aplikasi yang belum pernah Anda unduh, coba cek ada tidak aplikasi baru yang tiba-tiba muncul di HP Anda. Itu cara mengetahui HP disadap atau tidak. Silahkan dicek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya