Cara Mengatasi Kepedasan Seperti Dialami Luna Maya saat Makan Paqui

Ketahui cara mengatasi kepedasan yang tak kunjung hilang.

 Makan cabai terlalu banyak bisa menimbulkan sensasi terbakar di mulut. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Makan cabai terlalu banyak bisa menimbulkan sensasi terbakar di mulut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui cara mengatasi kepedasan seperti dialami Luna Maya saat makan keripik Paqui. Banyak orang yang suka makanan pedas, tapi makan terlalu berlebihan justru bisa memicu sensasi terbakar di mulut hingga menyebabkan sakit perut.

Agar tidak berlarut-larut, sebaiknya ketahui triknya. Simak ulasannya di info sehat kali ini. Pada saat Anda menggigit cabai, capsaicin akan menempel di reseptor lidah, memunculkan rasa pedas dan sensasi terbakar.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Setelah itu, reseptor lidah membawa sinyal ke otak menandakan tubuh menyentuh sesuatu yang panas. Hal ini bisa membuat tubuh berkeringat ketika kepedasan.   Rasa pedas yang terasa pun bisa semakin kuat dan tak kunjung hilang.

Salah satu cara mengatasi kepedasan, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang membantu menetralkan rasa di lidah.  Berikut ini makanan yang bisa meredakan sensasi terbakar di lidah seperti dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (17/8/2022):

1. Minum susu

Salah satu cara mengatasi kepedasan yang paling banyak orang coba yaitu minum susu. Susu dianggap dapat meredakan rasa pedas di mulut berkat protein di dalamnya yang disebut kasein.

Baca Juga:  Luna Maya Dibawa ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Kasein dalam susu ternyata bisa membantu memecah capsaicin pada cabai. Pada saat Anda minum susu, kasein akan membantu membersihkan molekul capsaicin yang penuh minyak dan mengambang di sekitar mulut.

Untuk itu, pilihlah jenis susu yang mengandung protein kasein agar bisa mendinginkan rasa membakar di mulut, seperti:

– susu sapi,
– yogurt,
– keju cottage
– krim asam (sour cream).

2. Makan nasi atau roti

Selain susu, makanan lain yang diklaim mampu menghilangkan rasa pedas yaitu nasi atau roti. Pasalnya, kedua makanan ini termasuk sumber karbohidrat dengan pati yang memberikan sensasi ‘kasar’ di mulut.

Pada saat Anda makan nasi atau roti, reseptor lidah akan menangkap sinyal berbeda. Sensasi kasar yang dimunculkan mengecoh reseptor sehingga tidak lagi mendeteksi rasa pedas di lidah. Selain itu, makan makanan bertepung dapat membantu menyerap sejumlah capsaicin dan mencegah senyawa ini masuk ke tubuh.

Baca Juga: Apa Itu Paqui Chip yang Bikin Luna Maya Dibawa ke Rumah Sakit?

3. Konsumsi madu atau gula

Tahukah Anda bahwa skala Scoville, yaitu ukuran kepedasan makanan, ditentukan berdasarkan jumlah air gula yang dibutuhkan untuk menghilangkan kepedasan?

Air gula ini dapat menghilangkan kepedasan cabai hingga tingkat yang tidak terdeteksi. Itu sebabnya, satu sendok makan atau gula mungkin dapat membantu mengatasi rasa pedas di mulut Anda.

Cobalah untuk mencampurkan 1 sendok makan gula ke dalam air atau oleskan madu secukupnya. Hal ini bertujuan melapisi lidah untuk meredakan sensasi terbakar dari cabai.

4. Minum minuman asam

Cara berikutnya mengatasi kepedasan adalah minum minuman asam.   Kok bisa? Begini, capsaicin merupakan molekul basa maka senyawa asam pada air lemon atau jeruk dapat membantu menetralkan aktivitas molekulnya.

Hal ini yang memungkinkan makan atau minum sesuatu yang asam, seperti lemun atau jeruk nipis membantu mendinginkan mulut yang kepedasan.  Namun, konsumsilah makanan asam sewajarnya, ya, agar tidak muncul masalah pencernaan.

5. Memakai minyak zaitun

Cara mengatasi kepedasan yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda yaitu memanfaatkan minyak zaitun.  Minyak zaitun atau minyak sayur lainnya mengandung banyak lemak. Hal ini ternyata bisa membantu ‘mencuci’ mulut yang terasa panas dan terbakar.

Baca Juga: Cabai Nyaris Rp100.000/Kg, Pemilik Warung Makan di Karanganyar Menjerit

Bila memungkinkan, cobalah memasukkan minyak zaitun ke dalam kulkas agar lebih dingin sebelum dipakai untuk menghilangkan rasa pedas.

6. Makan selai kacang

Sama seperti minyak zaitun, selai kacang mentega (peanut butter) mengandung lemak yang cukup tinggi. Artinya, peanut butter bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan rasa pedas dan panas pada mulut.

Tidak hanya itu, kandungan gula pada selai kacang berkontribusi besar dalam mengatasi sensasi terbakar yang dirasakan setelah makan makanan pedas.

7. Konsumsi coklat

Para penggemar coklat mungkin sudah tahu bila makanan pedas bisa diatasi dengan mengonsumsi coklat. Berkat kandungan gula di dalamnya, coklat dianggap sebagai cara mengatasi kepedasan yang tak kalah efektif.  Di sisi lain, coklat hadir dalam berbagai bentuk, baik batangan maupun susu. Anda juga bisa memilih susu coklat untuk menghilangkan sensasi terbakar pada mulut.

Baca Juga: Pedasnya Nagih, Warung Makan Mangut Beong Magelang Ini Paling Legend

Susu coklat mengandung kasein, lemak, dan gula yang diklaim dapat meredakan rasa pedas tersebut. Tak heran, susu coklat diklaim sebagai penyelamat di kala mulut terasa panas.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Arti Mimpi Dikejar Anjing Memiliki Pertanda Baik dan Buruk

      Tak selalu menakutkan, berikut ini arti mimpi dikejar anjing.

      Menakar Untung Rugi Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

      Pengenaan cukai untuk minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) ini memiliki dua tujuan mulia yaitu untuk tujuan menjaga kesehatan penduduk Indonesia serta memberi tambahan pemasukan negara.

      Ketahui Dampak Buruk saat Anak Terpapar Gula Tambahan Terlalu Dini

      Orang tua patut lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang baik untuk dikonsumsi buah hati agar anak tidak terkena dampak buruk terpapar gula tambahan. 

      Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

      Kenali gejala, faktor risiko, dan juga sederet mitos dari kanker payudara.

      Arti Mimpi Melahirkan Bukan Pertanda Buruk

      Arti mimpi melahirkan sangat beragam tergantung kondisi Anda saat mendapatkan bunga tidur itu.

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

      Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

      Doa yang Dibaca saat Rabiul Awal, Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat doa yang dibaca saat Rabiul Awal, bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat contoh teks khutbah Jumat bertemakan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

      Ketahui sejumlah langkah mempersiapkan keuangan untuk menghadapi resesi global.

      Beginilah Arti Mimpi tentang Naga yang Perlu Diwaspadai

      Ketahui sejumlah arti mimpi terkait naga berikut ini.

      Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

      Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

      Kenali Manfaat Lari seperti Dilakukan Gisella Anastasia

      Penelitian telah membuktikan bahwa lari punya segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

      Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Gula

      Kenali tanda tubuh kelebihan gula sebelum terlambat.

      Waspada Child Grooming, Pintu Masuk Predator Seksual Perdayai Korban

      Child grooming merupakan modus predator seksual untuk memperdayai targetnya yang masih anak-anak. Child grooming menjadi pintu masuk predator seksual beraksi dengan mengincar anak di bawah umur.