SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita melakukan WFH. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat ini sebagian ASN Pemprov DKI Jakarta melakukan WFH, ketahui cara mengatasi bosan saat harus bekerja dari rumah. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Kebijakan ini diberlakukan mulai hari ini, Senin (21/8/2023) dan diperkirakan berakhir pada 21 Oktober 2023 mendatang. Penerapan kebijakan ini dilakukan untuk menurunkan tingkat pencemaran udara dan kemacetan di Ibu Kota.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, WFH ini juga dimaksudkan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Jakarta yang akan diselenggarakan pada 5-7 September 2023.  ASN yang dapat malakukan pekerjaannya dari rumah merupakan pegawai yang tidak berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Berikut ini sejumlah cara untuk mengatasi rasa bosan saat WFH bagi kaum extrovert dikutip dari berbagai sumber pada Senin (21/8/2023):

1. Cari suasana atau pemandangan berbeda

Jika kamu merasa bosan bekerja di area yang sama di rumah mu, mungkin kamu dapat mencoba untuk bekerja di ruangan lain. Perubahan pemandangan dapat membantu mu merasa lebih terinspirasi dan dapat mempelajari cara mempertahankan produktivitas di lingkungan yang berbeda. Misalnya, alih-alih bekerja di kamar tidur pindahkan peralatan kerja mu ke ruang makan atau ruang tamu. Kamu juga dapat menemukan mencobanya di luar ruangan, seperti teras, halaman belakang, atau bangku di taman rumahmu.

2. Buat jadwal

Cara berikutnya untuk mengatasi rasa bosan saat harus WFH yaitu buat jadwal. Ketika kamu sedang WFH, maka kebiasaan kamu tentu akan berbeda ketika sedang bekerja di kantor. Rutinitas baru tersebut dapat membuat si extrovert berjuang lebih untuk bisa beradaptasi, terutama yang membuat mereka merasa kesepian dan cemas. Melansir dari The Ladders, cara yang cocok untuk mengatasinya yaitu dengan membuat jadwal rutin sehari-hari karena dapat meningkatkan semangat seorang extrovert.

Kamu dapat membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan agar membuat kamu sibuk setiap jam. Jangan lupa untuk memperkirakan jumlah waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan setiap tugas. Sebaiknya kamu juga harus memprioritaskan tugas dengan tenggat waktu yang akan datang untuk memastikan kamu memenuhi harapan klien dan manajer.

3. Buat playlist music untuk tingkatkan mood

Dengan mendengarkan musik kamu akan merasa jauh lebih terhibur saat mengerjakan pekerjaanmu. Selain itu musik juga dapat meningkatkan kewaspadaan loh, dengan mendengarkan musik kamu diajak untuk memiliki sikap yang lebih ceria dan tambahan lainnya dapat membantu mu untuk lebih berkonsentrasi pada pekerjaan.

4. Olahraga di sela-sela bekerja

Berolahraga ternyata juga dapat mengalihkan perhatian kamu dari tanggung jawab pekerjaan yang mungkin membuat mu stres dan bosan. Setelah kamu menyelesaikan beberapa hal dari pekeerjaan mu, pertimbangkan untuk beristirahat sejenak untuk berolahraga, atau tunggu hingga istirahat makan siang yang sudah kamu tentukan.

Kamu dapat mencari video untuk berlatih yoga atau semacamnya, termasuk teknik peregangan atau meditasi, yang dapat membantu meredakan ketegangan setelah lama duduk di tempat yang sama. Selain yoga dan meditasi kamu juga dapat mencoba untuk berlari di lingkungan sekitar mu seperti taman atau lapangan komplek kamu juga dapat menghabiskan setengah jam untuk menggunakan peralatan olahraga di rumah mu.

5. Pilih panggilan video daripada telepon

Seorang extrovert tentu butuh berinteraksi baik dengan teman atau rekan kerjanya. Memilih untuk menggunakan panggilan video daripada panggilan telepon saat menghubungi mereka merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi kebosanan saat WFH. Elizabeth Pearson seorang executive career coach menjelaskan bahwa hal tersebut akan membuat kamu lebih terhubung dengan kolegamu serta membangun rasa gembira dan persahabatan.

Ketika bosan sudah meliputimu maka cobalah untuk mengajak beberapa temanmu untuk melakukan panggilan video bersama. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk itu, seperti WhatsApp, Zoom, Google Hangouts, dan lain sebagainya.

6. Menonton film atau acara televisi

Cara berikutnya mengatasi rasa bosan saat harus WFH yaitu menonton film atau televisi. Film atau acara televisi tentu saja dapat menghibur kamu selama jeda bekerja. Luangkan waktu di siang hari saat istirahat untuk bersantai dari tanggung jawab pekerjaan. Sehingga katika kamu kembali bekerja kamu mungkin akan merasa lebih segar, dengan melakukan aktivitas ini kemungkinan kamu dapat terhindar dari kejenuhan WFH.

Kamu juga dapat menyalakan film atau televisi ketika sedang bekerja loh, karena fungsinya akan sama seperti dengan menyalakan playlist musik. Hal terseut dapat memecah kesunyian, mengingatkan kamu bekerja di kantor tempat kamu selalu dapat mendengar suara. Carilah film atau saluran TV yang tidak dapat mengalihkan perhatian kamu dari pekerjaan dan jangan lupa untuk menyesuaikan pengaturan volumenya.

7. Menghias ruang kerja

Jika kamu sudah lama memiliki tata letak ruang kerja yang sama, merombaknya sedikit mungkin bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan selama WFH. Lakukanlah perombakan-perombakan sederhana seperti memindahkan meja dari sudut ke tengah ruangan atau kamu juga bisa membeli karpet baru untuk menambahkan semburat warna.

Kamu juga dapat menambahkan foto anggota keluarga dan teman mu, kamu juga bisa mengisi dinding dengan berbagai pencapaian mu selama ini. Atau kamu juga dapat melakukan yang lebih ekstrem dengan mengecat ulang dindingnya untuk membangkitkan emosi yang berbeda saat bekerja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya