SOLOPOS.COM - Ilustrasi masalah kesehatan gigi dan mulut (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Anda menginginkan gigi putih secara alami? Berikut ini rekomendasi cara memutihkan gigi secara alami.

Jika memiliki gigi yang bersih dan putih maka Anda akan merasa lebih percaya diri. Bagaimanapun juga penampilan akan menjadi lebih menarik jika gigi terawat dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itulah yang membuat banyak orang berusaha mencari cara memutihkan gigi dengan beragam cara, seperti menggunakan pasta gigi pemutih hingga pergi ke dokter gigi.

Namun, tahukah Anda? Jika ada cara lain yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami? Kali ini Solopos.com akan memberikan tips memutihkan gigi dengan cara alami:

  1. Baking Soda

Cara pertama memutihkan gigi secara alami adalah menggunakan baking soda. Melansir dari website resmi rsupsoeradji.id, Rabu (27/7/2022), baking soda yang merupakan salah satu bahan pembuat kue ini dianggap mampu membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Anda dapat mencobanya dengan menyikat gigi menggunakan campuran baking soda yang diberi sedikit air. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu kumur dengan air.

Baca Juga : Cara Mudah Mencegah Karang Gigi

  1. Buah Stroberi

Buah yang satu ini memang terkenal khasiatnya untuk memutihkan gigi. Menurut jurnal Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Makassar yang berjudul Pemanfaatan Buah Strawberry sebagai bahan pemutih gigi ditulis oleh Asmawati tahun 2016, kandungan asam malat dan elegat pada stroberi dipercaya dapat menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami.

Caranya, cukup melumatkan buah stroberi. Selanjutnya, dapat digunakan sebagai pasta gigi tanpa harus dicampur dengan air.

  1. Sari Buah Semangka

Jurnal PDGI yang lain juga mengulas topik cara memutihkan gigi secara alami. Salah satunya membahas efektivitas penggunaan ekstrak buah semangka karya Any dan Syifa tahun 2020.

Jurnal tersebut menyebutkan bahwa kandungan asam malat pada semangka membantu gigi menjadi lebih putih. Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa semangka memiliki kadar asam malat yang lebih tinggi, yakni 99 persen. Kandungan itu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan buah apel yang hanya 95 persen.

Buah semangka juga memiliki kandungan hidrogen peroksida, seperti buah stroberi. Kandungan tersebut dapat menjadi salah satu cara yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Baca Juga : Menyikat Gigi Sebaiknya Dilakukan 30 Menit Setelah Makan, Kenapa?

  1. Arang Aktif (Charcoal)

Cara memutihkan gigi secara alami yang berikutnya menggunakan arang aktif atau charcoal. Anda pasti sering mendengar pasta gigi yang mengandung bahan charcoal. Ya, bahan yang satu ini memiliki daya serap untuk mengikat zat yang dapat membuat gigi jadi kuning.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan oleh Poltekkes Medan karya Siregar tahun 2020 bahwa pasta yang mengandung arang aktif menjadi cara yang lebih efektif untuk memutihkan gigi secara alami.

  1. Menanamkan Pola Hidup Sehat

Cara terakhir dan paling penting untuk memutihkan gigi secara alami adalah melindungi gigi dari faktor yang dapat merubah warna gigi. Cara itu dapat menjadi opsi untuk memelihara gigi putih. Hal ini sejalan dengan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati.

Salah satu caranya, mengonsumsi sayur dan buah segar. Cara itu dipercaya mampu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda. Hal itu karena terdapat kandungan asam malat dan asam elegat yang baik pada sayur dan buah sehingga dapat menjaga warna gigi.

Kemudian, perbanyak konsumsi air putih daripada minuman yang berpotensi mengubah warna pada gigi, seperti teh maupun kopi. Berikutnya, cara memutihkan gigi secara alami adalah jangan lupa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi, ya!

Baca Juga : Penyakit Ini Bisa Jadi Pemicu Bau Mulut, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya