Cara Memilih Kurma Berkualitas dan 2 Resep Olahan Lezat
Kurma corona sedang heboh di Mesir. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO- Buah kurma punya banyak manfaat bagi kesehatan, namun untuk mendapatkan khasiat buah asal Timur Tengah itu harus diawali dengan memilih kurma yang baik.

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University Prof Ahmad Sulaeman seperti dilansir Antara ,belum lama ini, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli buah kurma.

“Hampir semua jenis buah kurma memiliki khasiat, apa saja jenisnya, khasiatnya hampir-hampir mirip, yang terpenting itu kesegarannya,” kata Ahmad.

Ia mengatakan saat membeli kurma pastikan kurma yang dibeli dalam kondisi segar dan masih baru, jangan membeli kurma yang sudah lama tersimpan.

Menurut dia, beberapa pedagang ada yang biasa menyetok kurma dan disimpan dalam waktu lama, guna memanfaatkan harga beli yang rendah kemudian menjual pada momen tertentu saat harganya tinggi.

Kualitas kurma akan rusak apabila penyimpanan tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan, menyimpan dalam kamar tanpa pengemasan yang baik dapat menyebabkan kurma berkutu. “Pengemasan dan penyimpanan penting,” katanya.

Ahmad mengatakan membeli kurma yang bagus dapat dilihat tanda-tandanya yakni kurma terlihat mengkilap, tidak terlalu kering, terlihat semi basah dengan kadar air sekitar 21 persen.

Ia menjelaskan, kurma yang bagus atau baru ada cairannya, menyerupai dodol, kelihatan basahnya, kalau dibuka strukturnya elastis, lembut digigit juga enak.

Waktu memilih kurma juga bisa dicium dari mengeluarkan aroma yang khas. Kurma yang baru akan tercium aroma segarnya, tidak bercampur dengan aroma lain atau aroma sudah lama tersimpan. “Pastikan kurmanya tidak ada kutu,” kata dia.

Menurut Ahmad, kandungan gula dalam kurma yang tinggi membuat kurma mudah ditempeli debu dan pasir, sehingga perlu diperhatikan tempat penyimpanannya agar tidak ada kotoran yang menempel.

Ia mengajurkan agar membeli kurma yang dalam kemasan, tetapi harus diperhatikan tanggal kedaluarsa, jangan membeli stok lama. “Beli kurma yang segar-segar,” katanya.

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Favorit Di Solo

Penyimpanan

Agar kurma yang dibeli tetap bagus kualitasnya perlu memperhatikan suhu kamar penyimpanan. Lama waktu penyimpanan yang baik dengan suhu kamar hanya sebulan.

Kurma yang disimpan di dalam ruang bersuhu sejuk harus dibungkus dalam plastik berklip, atau dalam kontainer plastik yang kedap udara.

Penyimpanan lebih lama dapat dilakukan dalam kontainer plastik yang diletakkan dalam kulkas atau dalam frezer di bagian paling bawah. Masa penyimpanan ini bisa bertahan selama tiga bulan.

“Kurma yang disimpan dalam frezer, sebelum dikonsumsi didiamkan dulu selama tiga jam, baru bisa dimakan,” kata Ahmad.

Selain penjelasan tersebut, berikut cara memilih kurma, seperti dilansir dari Liputan6.com, Rabu (22/4/2020).

1. Tampilan Fisik Kurma

Tips memilih kurma pertama adalah memperhatikan tampilan fisik kurma. Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan kurma tidak akan menjadi lengket ataupun keras.

Kurma yang basah atau lengket tersebut biasanya telah ditambahkan dengan pemanis seperti madu atau sirup gula. Jadi untuk mendapatkan kurma yang sehat dan segar, kamu harus benar-benar memperhatikan salah satu tips memilih kurma ini.

Selain itu, kamu juga harus menghindari memilih kurma yang kulitnya sudah mengerut karena itu menandakan bahwa kurma sudah lama tersimpan. Jadi, tips memilih kurma yang pertama bisa dipraktikkan dengan memilih kurma yang tidak terlalu lengket atau basah. Namun juga tidak terlalu kering dan mengerut. Pilih yang kulit arinya masih menempel dengan baik.

2. Perhatikan Warna

Tips memilih kurma yang kedua adalah dengan memperhatikan warnanya. Umumnya kurma memiliki warna merah, kuning, dan coklat hingga kehitaman.

Dengan mengetahui ini, kamu akan mudah memilih kurma yang bagus. Cukup dengan melihat kurma yang warnanya merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

Bila sudah menemukan kurma dengan ciri-ciri tersebut, berarti kurma itu adalah kurma yang masih segar dan sehat. Kadang ada jenis kurma yang memang warnanya hitam, namun bila tampilan fisiknya sudah tidak bagus, berarti buah tersebut sudah tidak segar lagi.

3. Perhatikan Kemasan dan Tempat Penjual

ips memilih kurma selanjutnya adalah bila membeli kurma berbentuk kemasan. Kamu harus memilih kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, bila ingin memilih kurma yang tidak menggunakan kemasan, kamu harus memastikan bagaimana kondisi tempat penjualannya. Pastikan kurma yang akan kamu beli tidak terkontaminasi debu serta kotoran dan disimpan dengan baik.

Resep Kolak Pisang Ubi Legit Untuk Takjil

4. Ukuran Kurma

Banyak orang yang menganggap ukuran kurma bukanlah hal penting dalam memilih kurma yang sehat dan segar. Padahal memperhatikan ukuran merupakan salah satu tips memilih kurma yang sangat penting.

Dengan memperhatikan ukuran kurma, kamu jadi mengetahui berapa banyak kandungan gula yang dikandung oleh buah kurma tersebut. Jadi dengan mengetahui rata rata ukuran kurma, kamu bisa membatasi konsumsi kurma yang dianjurkan.

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Kamu harus membatasi konsumsi kurma supaya jangan sampai melebihi 40 gram setiap harinya. Karena itulah batas pemenuhan kebutuhan gula harian pada setiap orang.

Minuman dan Makanan dari Kurma

Olahan minuman dari buah kurma yang merupakan buah identik sebgai buah khas Timur Tengah, wajib Anda coba membuatnya di rumah. Selain rasanya yang manis, olahan minuman dari buah kurma juga dapat memberi manfaat yang banyak bagi tubuh.

1. Jus Susu kurma

Jus Kurma (liputan6)
Jus Kurma (liputan6)

Kurma memiliki rasa manis, sedangkan susu cenderung memiliki rasa gurih. Apabila kedua bahan ini dicampur, maka rasa yang dihasilkan akan sangat unik. Bagi Anda pecinta kegiatan fisik maupun bagi pecinta olahraga, mengonsumsi susu yang dicampurkan dengan buah kurma akan menjadi pelepas dahaga yang sangat menyegarkan. Selain segar, jus susu kurma ini dapat mengembalikan tenaga yang terkuras selama beraktivitas seharian penuh. Berikut cara membuatnya.

Bahan utama:

– 9 butir kurma

– 250 ml susu UHT

– 200 ml air

– 1/2 sdm madu

Cara membuat:

a) Rendam kurma di alam air, dan biarkan selma 10 menit

b) Lalu blender kurma bersama air rendaman tersebut hingga halus

c) Masukkan susu dan madu

d) Setelah semua bahan tercampur rata dalam blender, tuang ke dalam gelas dan susu kurma siap dinikmati.

2. Bolu Kurma

ilustrasi bolu kurma (cookpad)
ilustrasi bolu kurma (cookpad)

Bahan-bahan:

Tepung terigu 150 gr
Kurma 300 gr ( potong potong )
Kacang mete 50 gr ( cincang )
Baking powder 3 gr
Soda kue 2 gr
Margarin 300 gr
Gula halus 90 gr
Gula palem 45 gr
Telur 3 butir

Cara Membuat:

Ayak (saring) tepung terigu, baking powder, dan soda kue. sisihkan.
Campurkan margarin dengan gula halus serta gula palem, kocok sampai tercampur rata. Lalu masukkan campuran tepung yang sudah di ayak, aduk rata kembali.

Selanjutnya masukkan buah kurma serta kacang mete, aduk sampai rata. Masukkan adonan kue bolu kurma ke loyang yang telah dioles dengan margarin dan beralas kertas roti.

Kemudian panggang adonan bolu ke dalam oven bersuhu, 180 C sekitar 35 menit atau sampai matang. Angkat dan siap untuk disajikan menunggu beduk buka puasa.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Jadwal Imsakiyah

Jadwal Imsakiyah Kota Solo, Sabtu 23 Mei 2020

Imsak

04.12

Subuh

04.22

Zuhur

11.37

Asar

14.57

Magrib

17.29

Isya

18.42



Ramadhan Kita

Pasang Baliho