SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka pintu mobil (ToyotaAstra)

Solopos.com, SOLO-Semua penumpang, termasuk pengemudi mobil wajib mengetahui cara membuka pintu mobil yang aman agar terhindar dari kecelakaan dan juga aksi jahat.

Seperti yang terjadi di Jalan Solo-Jogja, di wilayah Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, seorang pengendara terjatuh dan tertabrak bus hingga meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan, Sabtu (13/5/2023).

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Dalam kecelakaan itu korban terjatuh setelah menabrak pintu mobil di pinggir jalan yang dibuka sembarangan oleh penumpang di dalamnya.

Untuk menghindari kejadian nahas seperti itu, berikut cara membuka pintu mobil yang aman agar tidak tertabrak kendaraan lain dari belakang, dikutip dari ToyotaAstra.

 

  1. Melihat lewat kaca spion

Sebelum kamu turun dari mobil, khususnya untuk para pengemudi pastikan untuk selalu melihat kondisi lalu lintas dari kaca spion.

Hal ini untuk memastikan kondisi jalan di belakang aman untuk membuka pintu mobil.

 

  1. Menengok ke Belakang

Namun langkah ini juga kurang efektif karena adanya blind spot. Selain itu penumpang belakang tidak dapat melihat spion.

Kamu juga disarankan menengok langsung ke belakang untuk melihat kondisi di sekitarnya, baik sisi kanan atau kiri mobil.

Menengok ke luar sebenarnya memiliki fungsi tambahan yakni memastikan di sekitar mobil tidak ada orang yang punya niat jahat.

 

  1. Buka pintu sedikit

Setelah dipastikan kondisi lalu lintas aman, kamu bisa membuka pintu sedikit dulu untuk memberi pesan ada pintu yang dibuka.

Jangan pernah langsung membuka pintu mobil meski kondisi jalan sedang sepi dan aman, termasuk ketika buru-buru.

Lakukan langkah ini dengan tetap menengok ke belakang dan depan untuk memastikan kondisi aman.

 

  1. Buka pintu sedikit lagi

Terutama di area parkir yang ramai atau parkir paralel, jangan langsung membuka pintu secara penuh.

Sebaiknya buka pintu sedikit dulu, lebih kurang 5 cm, untuk memastikan keamanan di sekitar mobil kamu.

Dengan membuka pintu sedikit terlebih dahulu juga bisa membangun kesadaran pengguna jalan lain bahwa pintu mobil dibuka.

Pengguna jalan lain bisa melakukan langkah antisipasi seperti mengurangi kecepatan atau menghindar.

Termasuk memastikan tidak ada halangan di sisi mobil seperti tiang atau bodi mobil lain. Setelah dipastikan aman, kamu bisa membukanya lebih lebar.

 

  1. Tahan pintu dengan tangan

Meski dalam kondisi aman sekali pun, jangan melepas pintu seketika dibuka. Momentum yang dihasilkan dari gerakan pintu bisa berakibat fatal jika menabrak orang atau benda lain di sekitar mobil.

Ini juga bisa membuat kamu segera menutup kembali pintu mobil jika ada masalah, seperti tetiba ada motor lewat atau upaya jahat.



Tahan dengan tangan di posisi bukaan pintu yang diinginkan hingga pintu benar-benar berhenti bergerak.

Segeralah tutup pintu sesaat setelah kamu keluar. Demikian cara membuka pintu mobil yang aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya