SOLOPOS.COM - Ilustrasi Smart TV. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tanpa perlu membeli unit baru, kamu bisa membuat televisi biasa menjadi Smart TV dengan enam langkah. Kira-kira bagaimana caranya?

Dengan kehadiran Smart TV, membuat aktivitas sehari-hari lebih menyenangkan dan mudah. Kamu bisa mengakses tontonan yang lebih berkualitas melalui layanan streaming, seperti Youtube, Netflix, dan masih banyak lagi.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Akan tetapi, kamu pasti akan berpikir ulang jika harus membeli Smart TV. Padahal televisi di rumah kamu masih bisa digunakan dengan baik.

Tenang, ternyata televisi biasa bisa kok dibuat menjadi Smart TV dengan cara yang ada di bawah ini, sebagaimana Solopos.com kutip dari situs resmi Indihome.com.

Baca Juga: Enggak Usah Beli Baru! Begini Cara Mengubah TV Analog ke Digital

Cara Membuat Televisi Biasa Jadi Smart TV

1. Pastikan TV Kamu Punya Port HDMI

Pastikan televisi biasa kamu memiliki port HDMI atau High-Definition Multimedia Interface. Teknologi HDMI ini biasanya ada pada perangkat elektronik seperti proyektor ataupun pemutar DVD yang berfungsi menyalurkan sinyal audio maupun video berkualitas tinggi dari perangkat lain ke layar TV.

2. Pasang Streaming Stick

Cara kedua membuat televisi biasa menjadi Smart TV adalah dengan memasang streaming stick, yakni pemutar media portabel dengan ukuran kira-kira sebesar USB yang harganya ramah di kantong. Kamu bisa memasang streaming stick ke sambungan HDMI pada TV. Cukup pasang stik ke port HDMI di TV, lalu pasang kabel daya dengan menancapkan kabel USB ke bata adaptor daya dan buka steker.

Kemudian, hubungkan ujung kabel ke port di sisi tongkat dan ujung kabel lainnya ke stop kontak listrik. Terakhir, ubah input TV ke saluran HDMI yang sesuai dengan slot yang Anda gunakan di bagian belakang TV.

Baca Juga: Sejarah Tempe di Indonesia: Ternyata Pertama Kali Muncul di Klaten Abad ke-16

3. Memakai Smart Media Player

Selanjutnya, dengan membeli smart media player. Smart media player adalah perangkat keras yang memiliki sistem operasi layaknya smartphone. Harganya juga beragam, mulai dari Rp200.000-an hingga Rp700.000-an untuk berbagai tipe.

4. Memakai TV Box

Cara lain yang bisa kamu coba untuk membuat televisi biasa jadi Smart TV adalah dengan menyambungkan TV Box menggunakan sambungan HDMI. Untuk memasangnya, sambungkan salah satu ujung kabel HDMI ke kotak dan ujung lainnya ke port HDMI yang ada di bagian belakang TV. Pastikan kabel HDMI yang digunakan sesuai ya!

5. Aktifkan Koneksi Internet

Jika TV Box sudah terpasang dan terdeteksi dengan baik, kini kamu cukup mengaktifkan koneksi internet dengan menggunakan kabel ethernet melalui port LAN atau modem Wifi untuk Smart TV agar TV Box tersebut dapat beroperasi dengan baik.

Baca Juga: Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor, Ternyata Gampang Hlo!

6. Lengkapi dengan Wireless Keyboard

Kini TV biasa kamu sudah menjadi Smart TV. Agar bisa browsing, memainkan game dan aktivitas seru lainnya, kamu perlu menggunakan keyboard wireless khusus untuk TV pintar. Hal ini berfungsi untuk bisa menikmati fitur-fitur TV pintar lebih maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya