SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Ketahui cara membuat pelajar tetap konsentrasi saat pelajaran berlangsung. Kegiatan belajar mengajar yang monoton kadang bikin siswa bosan, sehingga perhatian mereka mudah teralihkan.

Ketika siswa sudah memiliki kegiatan bersekolah dan masih ditambah dengan tugas menumpuk juga bisa membuat siswa jenuh. Agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif, simak ulasan tips belajar kali ini untuk membuat siswa tetap fokus belajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oleh karena itu ada beberapa cara untuk membuat pelajar tetap berkonsentrasi selama pelajaran di sekolah dikutip dari akun Instagram @fammiindonesia, Senin (19/9/2022) :

Baca Juga: Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

1. Pendekatan Individu

Cara yang pertama membuat pelajar tetap konsentrasi saat pelajaran adalah dengan melakukan pendekatan invidu terhadap para siswa. Pendekatan individu ini bisa dimulai dari mengamati kondisi seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh siswa agar dapat fokus pada pelajaran. Contohnya seperti ada beberapa siswa yang bisa berkonsentrasi jika suasana kelas tenang dan ada juga siswa yang bisa berkonsentrasi jika sudah makan.

Menyarankan siswa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat bisa membuat mereka fokus dan bersemangat ketika pelajaran dimulai. Membuat suasana kelas yang sunyi dan tenang juga bisa membuat siswa lebih berkonsentrasi penuh selama pelajaran karena mereka akan fokus dengan materi dari guru.

2. Memilah Tugas ke Dalam Beberapa Bagian

Memberi tugas kepada siswa banyak sekaligus akan membuat mereka lelah, bosan, dan bahkan bisa membuat mereka malas untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, cara yang ke dua adalah memberi jeda waktu setelah melakukan satu bagian tugas. Hal ini bertujuan agar siswa tidak terlalu lama berkutat dalam suatu hal. Tentunya dengan memiliha tugas ke dalam beberapa bagian dan memberi jeda waktu akan membuat siswa kembali dapat berkonsentrasi.

Baca Juga: Menhub Buka Kesempatan Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

3. Mencoba Pembelajaran On-Screen

Cara yang ke tiga mungkin akan membuat para siswa lebih senang yaitu dengan mencoba pembelajaran on-screen. Pembelajaran secara langsung di sekolah terkadang membuat siswa bosan karena dilakukan setiap hari senin sampai dengan sabtu. Saat ini sudah banyak materi pelajaran yang dikemas dalam bentuk video animasi bahkan pembelajaran berbasis game.

Baca Juga: DPRD Karanganyar Minta Pemkab Cari Sumber Dana Lain untuk Perbaiki Sekolah

Dengan adanya video animasi ini akan membuat siswa bisa membuat berkonsentrasi karena tampilan pembelajaran yang bervariasi bahkan terkadang ada penambahan backsound agar terlihat menarik. Sama halnya dengan video animasi, pembelajaran melalui game juga dapat menarik perhatian siswa karena ada tantangan yang harus diselesaikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya