Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Berat badan menjadi salah satu topik yang paling sering menjadi bahasan. Mengurangi maupun menaikkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan. Jadi, wajar rasanya jika banyak orang merasa frustasi karena telah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat tubuh ideal, khususnya bagi pelaku diet.

Prinsip menurunkan berat badan sebenarnya cukup sederhana. Yakni membakar lebih kalori daripada yang dikonsumsi. Perhitungan kalori yang masuk dan keluar mungkin sederhana. Namun, mungkin ada beberapa orang yang belum mengerti cara menghitung kalori harian yang diperlukan tubuh.

Dikutip dari Pop Sugar, Jumat (7/9/2018), untuk mengetahui kalori yang dibakar setiap hari, Anda harus paham jumlah pengeluaran energi atau total daily energy expenditure (TDEE). Caranya dimulai dengan menghitung tingkat metabolisme basal (BMR). BMR adalah kebutuhan energi minimal untuk melakukan aktivitas.

Adapun cara menghitungnya bisa dilakukan dengan mesin atau manual menerapkan rumus matematika Harris-Benediktus yang didasarkan pada berat badan, tinggi badan, usia, dan jenis kelamin.

BMR untuk wanita

BMR = 655 + (1,8 x tinggi badan dalam cm) + (9,6 x berat dalam kilogram) – (4,7 x umur dalam tahun)

BMR untuk pria

BMR = 66 (13,7 x berat dalam kilogram) + (5 x tinggi dalam cm) – (6,7 x umur dalam tahun)

Selanjutnya, kalikan jumlah BMR dengan 1,2 jika Anda tidak aktif beraktivitas. Kalikan dengan 1,375 jika melakukan olahraga ringan sekitar satu sampai tiga kali sepekan. Bagi yang melakukan olahraga ringan enam sampai tujuh kali sepekan, kalikan jumlah BMR dengan 1,55. Kalikan dengan 1,75 jika sangat aktif berolahraga. Terakhir, kalikan dengan 1,9 jika Anda melakukan olahraga dua kali sehari atau lebih. Hasilnya menunjukkan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh dalam sehari.

Misalnya Anda seorang wanita dengan bobot 80 kilogram dan tinggi badan 165 cm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut. BMR = 655 (1,8 x 165) + (9,6 x 80) – (4,7 x 24) = 1.607,2

TDEE = 1.607,2 x 1.55 = 2.491,16

Nah, jika total energi yang dikeluarkan adalah 2.491,16 maka Anda harus mengurangi asupan hingga 500 kalori setiap hari agar bobot tubuh cepat turun. Namun, pola ini hanya sebatas panduan. Anda harus berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli gizi untuk menentukan metode diet yang tepat.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Operasi Patuh Semeru Digelar di Madiun, Ini Targetnya

Polres Madiun menggelar Operasi Patuh Semeru 2021 selama dua pekan, mulai Senin (20/9/2021) dengan fokus razia protokol kesehatan.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Alhamdulillah...Tak Ada Lagi PPKM Level 4 di Jawa dan Bali

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan akan dilakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Antusias Warga Mengikuti Vaksin Covid-19 di Pagelaran Keraton Solo

Menyediakan 15.000 dosis untuk vaksin dosis pertama

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.

Wali Kota Solo Pantau Pelaksanaan Seleksi CASN di Auditorium UNS

UNS Solo menjadi lokasi pelaksanaan tes SKD untuk 8 kabupaten/kota di Jawa Tengah

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.