Cara Halus Menolak Teman yang Ingin Utang, Nomor 5 Ampuh!
Ilustrasi menolak utang (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Tak perlu bingung mencari seribu alasan, di bawah ini dijelaskan cara halus untuk menolak teman yang ingin utang kepada Anda.

Apalagi jika Anda hanya mempunyai uang pas-pasan saja, untuk meminjamkan uang kepada teman tentunya berpikir dua kali. Maka dari itu, untuk menolak permintaan teman tersebut, Anda bisa mengaplikasikan lima cara di bawah ini.

Pekerjaan dengan Gaji Rp 1 Miliar, Kerjanya Full WFH Lho!

Berikut ini lima cara halus menolak teman yang ingin utang kepadamu, sebagaimana yang telah diinformasikan pula oleh situs resmi dari Kreditgogo.com.

Gowes Pakai Ontel Keliling Desa yang Diminati Gadis Bule, Mau Coba?

1. Lagi Dipinjam Orang

Anda bisa memberikan alasan tersebut kepada teman yang ingin utang kepadamu. Cukup berkata, "Maaf, belum bisa. Soalnya duit saya lagi dipinjam orang, sampai sekarang belum dikatakan."

Dengan alasan tersebut, teman Anda akan mengerti dan membatalkan niat meminjam uang.

Jangan Lihat HP Saat Bangun Tidur, Kalau Kebablasan Bisa Bahaya!

Namun, perlu diwaspadai pula jika teman Anda ini ingin menjadi sosok bak pahlawan sebagai penagih utang. Biasanya, hal ini terjadi terhadap orang yang betul-betul kepepet membutuhkan uang.

2. Lagi Butuh Uang

Cara kedua menolak teman utang ini cukup halus. Dengan cukup mengatakan, "Lah, kok sama! Saya juga lagi butuh uang nih, baru saja mau cari pinjaman", teman Anda pasti akan membatalkannya karena menganggap Anda tak punya uang.

Permainan Ini Diklaim Bisa Memanggil Hantu, Nomor 5 Pernah Coba?

Tetapi, perlu diingat jangan mempublikasikan aktivitas belanja atau liburan Anda ke media sosial dalam waktu dekat. Takutnya, Anda akan dicap pembohong oleh teman Anda tadi.

3. Punya Banyak Cicilan

"Maaf belum bisa kasih pinjaman, soalnya mau bayar cicilan bulanan. Kalau terlambat nanti kena denda dan bunga. Eh, kecuali kalau kamu mau ikut menanggung bunga dan dendanya," katakanlah hal tersebut ke teman Anda.

Dipastikan, alasan ketiga ini mampu membuat teman Anda mundur seribu langkah dan tak jadi berutang kepadamu.

Cerita Anak Kost yang Bisa Turunkan Berat Badan 10 Kg, Gimana Caranya?

4. Belum Bayar Tagihan Bulanan

"Bukannya tidak ada uang, tapi saya juga masih ada tagihan bulanan belum terbayar. Tagihan listrik, telepon, air, internet. Masih perlu belanja bulanan juga," kalimat ini tentu membuat teman Anda memakluminya.

Hindari menggunakan alasan pembelian barang-barang yang sifatnya konsumtif ya. Hal ini dikarenakan Anda dikira sedang mempunyai banyak uang.

Tips Perawatan Wajah untuk Pria, Bukan Hanya Pakai Sabun Muka

5. Selektif

Cara halus kelima menolak teman yang utang adalah menggunakan alasan selektif.

"Maaf belum bisa kasih pinjaman. Saya punya aturan untuk tidak meminjamkan uang ke siapapun. Jangankan teman, ke keluarga saja tidak kok," ucapkan ini ke teman Anda.

Ada Bau Ini di Dekatmu? Bisa Jadi Ada Makhluk Halus Menghampirimu

Alasan kelima ini akan membuat Anda tercoret dari daftar orang yang bisa dimintai pinjaman uang.

Selain Mi Instan, 5 Kreasi Menu Makanan Ini Bisa Dicoba Anak Kost

5 Rekomendasi Film yang Diklaim Bikin Jago Bahasa Inggris

Tips Menarik Lainnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom