SOLOPOS.COM - Ilustrasi TV digital. (Freepik.com)

tv digidSolopos.com, SOLO — Banyak masyarakat yang mengeluhkan saluran atau channel TV hanya sedikit pada siaran digital. Tak perlu khawatir, untuk mendapatkan channel banyak TV digital, yuk simak cara mudah berikut ini.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kominfo sedang melakukan migrasi TV analog ke digital. Salah satu wilayah yang sudah mengalami migrasi tersebut adalah Kota Solo dan sekitarnya di Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan adanya migrasi ini, masyarakat perlu memasang Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV digital, khusus televisi yang belum dibekali fitur DVB-T2.

Nah, ketika sudah dipasang Set Top Box (STB), biasanya muncul permasalahan di mana channel yang diperoleh sedikit. Untuk mendapatkan channel banyak di siaran TV digital, Anda perlu mengaturnya secara manual.

Baca Juga: Harga Set Top Box Tersertifikasi Kominfo, Banyak Pilihan dari Rp200.000-an

Berikut ini terdapat cara mendapatkan channel banyak di siaran TV digital, yang Solopos.com kutip dari video berjudul Cara Mendapatkan Banyak Siaran TV Digital di Set Top Box yang tayang di kanal Youtube Syam Kapuk.

Cara Mendapatkan Channel Banyak TV Digital

1. Setelah Anda melakukan scan otomatis, bakal muncul channel yang sudah terpindai.
2. Kemudian, pilih channel dengan nomor paling akhir. Sebagai contoh, di gambar bawah ini channel paling akhir adalah O Channel dengan nomor siaran 602.0.M/8M/DVBT2. Nomor tersebut berarti saluran frekuensi berada di 602.0 dan bandwith di angka 8. Anda perlu mencatat nomor tersebut.

Channel paling akhir di siaran TV digital. (Youtube/Syam Kapuk)

3. Kemudian, masuk ke menu pencarian lagi dan pilih cari manual.
4. Di menu cari manual, kolom siaran biarkan saja, yang perlu diubah adalah kolom Frekuensi dan Bandwith.
5. Di kolom Frekuensi isi dengan angka 602.0, sesuai dengan nomor siaran O Channel tadi, sedangkan untuk kolom Bandwith diisi dengan 8.
6. Setelah itu, Anda perlu memutar antena untuk meningkatkan kualitas. Putar antena secara perlahan hingga angka kualitas meningkat lebih baik.
7. Seusai antena diputar dan mendapatkan angka kualitas lebih tinggi, kembali ke menu cari otomatis, klik konfirmasi dan oke.
8. Kemudian, channel siaran TV digital akan bertambah lebih banyak.

Baca Juga: Mulai Berlaku di Solo, TV Digital Ternyata Bisa Ditonton di HP, Begini Caranya!

Untuk menyaksikan video cara mendapatkan channel banyak pada siaran TV digital, Anda bisa lihat di bawah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya