SOLOPOS.COM - Ilustrasi lupa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan orang tua pasti akan mengalami penyakit pikun atau gangguan daya ingat. Supaya dijauhkan dari penyakit pikun, Anda dapat membaca doa menurut ajaran Islam.

Pikun atau mudah lupa bukan hanya dialami orang yang sudah tua. Namun orang dewasa pun dapat mengalami kepikunan karena beberapa faktor seperti stres, depresi, kelelahan, tidur tidak nyenyak, alkohol, dan obat-obatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Doa Supaya Usaha Lancar Berkah Menurut Islam, Ada Latin dan Artinya

Berikut cara dan doa agar dijauhkan dari penyakit pikun atau mudah lupa seperti penjelasan Buya Yahya di Youtube Al-Bahjah Tv yang ditilik Solopos.com, Minggu (21/11/2021):

1. Digunakan untuk berpikir positif

Selalu berpikir hal-hal positif membuat seseorang berpikir jernih dan memengaruhi sistem otak. Selain itu dengan membaca Al Qur’an seperti pendapat para ulama tentang membaca al quran dapat menjauhkan dari pikun atau tidak lupa. Di sisi lain, selalu berpikir negatif akan membuat otak terinfeksi dan dapat menghilangkan kebahagiaan.

Dikutip dari Suara, orang yang selalu berpikir negatif akan mengurangi di lubos temporal yang berakibat masalah memori, pikiran gelap, hingga depresi. Maka dalam Islam sangat ditekankan untuk selalu ber-husnudzon atau berprasangka baik yang hasilnya menjadi berpikir positif.

Baca Juga: Profil Zinidin Zidan, Penyanyi Cover Buih Jadi Permadani Yang Viral

2. Doa dari Nabi SAW yang diriwayatkan dari Imam Bukhari

Doa ini juga terdapat pada doa waktu fajar. Allahumma inni a’udzubika minnal bukhli  wa a’udzubika minnal jubni wa a’u dzubika min an ‘uradda ilal ardha lil umri

Artinya: Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dari kebakhilan, aku berlindung kepada-Mu dari menjadi pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu dari keadaan masa tua yang jelek.

Baca Juga: Viral Kandang Sapi Mewah Bak Rumah Manusia, Bikin Netizen Minder

Kendati demikian, orang lanjut usia tidak menutup kemungkinan mengalami pikun. Pikun yang di alami orang lanjut usia disebabkan adanya organ-organnya yang sudah tidak berfungsi, pandangan mata kabur, dan nafas sudah berat hingga tersenggal-senggal. Itulah cara dan doa yang bisa dilafalkan siapa saja supaya dijauhkan dari penyakit pikun,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya