SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Konflik di kantor bersama rekan kerja kadang tidak bisa dihindari, berikut adalah beberapa cara cerdas untuk mengatasinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Konfrontasi atau tidak

Tentukan apakah Anda akan melakukan konfrontasi atau tidak dengan orang yang memiliki konflik dengan Anda. Biasanya akan lebih baik untuk menyampaikan keluhan ketimbang memendamnya. Namun, sebelum menghadapi orang tersebut, pikirkan dulu apa yang akan Anda katakan supaya tidak memperburuk keadaan.

Berpikir rasional

Bicara dengan sopan, tenang, dan berpikirlah rasional. Fokuskan pembicaraan Anda kepada situasi dan fakta yang ada. Hindari segala macam jenis gosip atau menyerang orang tersebut secara personal. Ingatlah, Anda berada dalam lingkungan kantor, sehingga sikap profesional harus diutamakan.

Jaga bahasa tubuh

Jangan tunjukkan permusuhan, baik dari bahasa tubuh, mimik muka, atau nada bicara Anda. Hal ini malah akan menyulut pertengkaran dan bukan menyudahinya. Cobalah untuk bersikap asertif tanpa terkesan agresif.

Dengarkan sisi dia

Anda boleh saja memberikan pendapat, tapi beri kesempatan juga bagi orang tersebut untuk berbicara dan dengarkan dengan seksama. Cobalah mengerti juga posisi dia dan memahami situasi dari cara pandangnya.

Beritahu atasan

Bicarakan pada atasan jika Anda mengalami kesulitan bekerja sama dengan rekan kerja, terutama jika hal tersebut menghambat pekerjaan tim secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya