Ilustrasi smartphone basah. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Musim penghujan masih menyelimuti sejumlah daerah di Indonesia. Meski hujan adalah rezeki, beberapa orang direpotkan dengan guyuran air dari langit itu.

Smartphone yang selalu dibawah di kantong bisa saja basah terkena hujan yang mengguyur. Bagaimana cara mengeringkan smartphone dengan cepat dan aman?

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengeringkan smartphone. Namun yang terpenting, smartphone sebaiknya dimatikan saat terkena air, terutama untuk smartphone yang memang tak tahan air, karena bisa terjadi hubungan pendek arus listrik.

Berikut tips mengeringkan smartphone secara cepat dan aman yang dihimpun dari Okezone:

1. Rendam di Beras

Beras mampu menyerap air yang membasahi smartphone. Merendam smartphone basah ke beras adalah salah satu cara paling populer.

Sebelum merendam ponsel yang basah ke beras, cobalah untuk mengeringkannya dengan kain kering dan bersih terlebih dahulu. Kemudian, rendam ponsel dengan beras dalam kurun waktu satu hari. Setelah benar-benar kering, baru aktifkan ponsel.

2. Menggunakan Pengering Rambut

Pengguna bisa menggunakan hairdryer atau pengering rambut. Udara panas pada alat tersebut dapat mengenai celah-celah basah dan lembab yang sulit dijangkau.

3. Lepaskan Baterai & Jemur

Mengeluarkan baterai juga merupakan ide yang bagus. Baterai ponsel biasanya tidak terpengaruh oleh air karena sirkuit listriknya tertutup. Namun, daerah sekitarnya dapat terpengaruh. Misalnya, konektor baterai bisa terkorosi karena keberadaan air.

Selain itu, baterai juga dapat membatasi dan menghambat proses menghilangkan kelembaban dari area yang terkena, yang paling rentan terhadap kerusakan. Setelah baterai dilepas, smartphone bisa dijemur beberapa saat.

Sumber: Okezone.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten