SOLOPOS.COM - Kuliner pindang kambing yang dihidangkan di atas daun jati. (Youtube)

Solopos.com, WONOGIRI — Salah satu kuliner khas Wonogiri yang layak dicicipi, yakni pindang kambing bikinan Mbok Sinem, 78. Lokasinya berada di Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Mbok Sinem biasanya butuh waktu sekitar dua jam untuk memasak pindang kambing. Makanan berwarna cokelat bertekstur lengket seperti bubur ditambah babat dan jeroan kambing itu memiliki cita rasa yang khas, gurih dan nyamleng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Rasanya nyamleng, gurih, enak. Kemarin saja banyak yang ke sini, makan di sini. Aku enggak pernah ke pasar. Hla wong [jualan] di sini saja udah habis,” kata Mbok Sinem kepada Solopos.com di dapur rumahnya di Dusun Sambirejo, Desa Ngadirojo Kidul, Senin (17/10/2022).

Mbok Sinem hanya berjualan pada sore hari lantaran tenaganya sudah tidak kuat jika harus berjualan sejak pagi hari. Selain itu, ia sudah merasa cukup dengan dagangan yang ia jual setiap hari tersebut.

Ora sah akeh-akeh. Begini saja sudah cukup. Ini juga bagian dari ibadah. Enggak usah terlalu nafsu,” katanya.

Baca Juga: Seram Lur! Deretan Makam Tua Ini Bermunculan di WGM Wonogiri saat Kemarau

Para pencinta kuliner juga bisa membikin pindang kambing sendiri. Dilansir dari www.masakapahariini.com, Selasa (18/10/2022), caranya dengan menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan.

Hal itu, seperti 500 gram daging kambing (potong dadu 3 cm), 2 liter air, 4 lembar daun salam, 3 cm lengkuas (memarkan), 5 siung bawang putih (iris tipis), 6 butir bawang merah (iris tipis), 2 sdt garam, 2 sdm Bango Kecap Manis, 8 buah cabai rawit merah (memarkan), 4 buah cabai rawit hijau (memarkan).

Selanjutnya, terdapat lima langkah mengolah berbagai bahan itu menjadi masakan pindang kambing yang enak:

1. Didihkan 1 liter air, masukkan daging kambing dan dua lembar daun salam. Setelah daging matang, angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Kuliner Unik! Ada Mi Ayam Keranjang di Wonogiri dengan Rasa Gurih dan Lezat

2. Masukkan kembali daging ke dalam sisa air, tambahkan lengkuas. Masak hingga daging empuk, tambahkan air jika diperlukan.

3. Setelah air berkurang, masukkan bawang merah dan bawang putih, didihkan kembali.

4. Tambahkan kecap manis, garam, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan aduk rata.

5. Sajikan bersama nasi putih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya