SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor dan pengguna jalan lainnya melinta di salah satu tikungan jalan di Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Saat melewati tikungan, pengendara sepeda motor harus tahu cara aman agar terhindar dari kecelakaan.

Selain ada tanjakan dan turunan, di jalan raya juga ada tikungan. Tikungan jalan ini memiliki potensi terjadinya kecelakaan yang cukup besar. Sepeda motor yang pengendaranya saling mendahului dan kurang waspada bisa terlibat tabrakan dengan kendaraan lain. Sedangkan pengendara yang tidak mengontrol kecepatan bisa terpelanting, keluar dan terperosok ke luar jalan, dan sebagainya.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Oleh sebab itu, pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melewati tikungan jalan. Berikut ini cara aman melintas di tikungan, seperti disampaikan instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), Alfian Dian Pradana.

 

Kurangi kecepatan

Yang pertama, adalah mengurangi kecepatan. Menjelang tikungan, kecepatan kendaraan harus dikurangi. Kendaraan yang terlalu cepat akan sulit bermanuver di tikungan. Akibatnya, kendaraan tidak jadi berbelok arah tetapi lurus dan akhirnya keluar dari jalan.

Pengurangan kecepatan ini bisa dilakukan dengan pengereman. Alfian mengatakan bahwa pengereman yang benar dilakukan dengan meremas tuas dan menginjak tuas rem dengan lembut. Dengan cara ini pelambatan tidak akan mengganggu kenyamanan. Sebaliknya, pengereman dengan tarikan atau injakan tuas yang keras akan menyebabkan pelambatan berlangsung mendadak dan berpotensi terjadi selip. Akibatnya, kendaraan akan terpelanting dan membahayakan diri dan pengguna lain.

“Lakukan pengereman dengan lembut agar kendaraan juga melambat dengan nyaman,” ujarnya, Selasa (25/7/2023).

 

Arahkan pandangan ke arah yang dituju.

Tujuannya agar kita bisa melihat situasi lalu lintas di depannya. Jika pengendara akan menikung ke kanan, maka arahkan pandangan ke arah jalan yang menuju ke kanan. Begitu juga sebaliknya, jika pengendara akan menikung ke kiri, maka arahkan pandangan ke arah jalan menuju ke kiri.

 

Posisi badan mengikuti kemiringan sepeda motor.

Cara aman melintas di tikungan adalah posisi badan mengikuti kemiringan sepeda motor akan menjaga keseimbangan

 

Jaga putaran mesin

Jangan lakukan buka tutup gas yang berpotensi mengurangi keseimbangan. Imbangi juga dengan rem belakang.

 

Jika tikungan sudah dilalui, pengendara bisa kembali menarik gasnya dengan hati-hati.

Demikian cara aman melintas di tikungan bagi pengendara motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya