SOLOPOS.COM - Ilustrasi ( ThinkStock)

Ilustrasi ( ThinkStock)

Tidak seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah rendah terjadi tanpa gejala yang pasti dan seringkali diabaikan hingga seseorang merasa begitu lemah, pusing, dan demam. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara alami yang aman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tekanan darah rendah adalah kondisi yang cukup umum dialami oleh beberapa orang, yang terjadi karena terhambatnya pasokan oksigen dan nutrisi penting untuk otak. Hal ini mungkin disebabkan karena kurang minum, kurang tidur, serta haid yang tidak normal.

Jika kondisi ini terus dibiarkan maka tekanan darah bisa mencapai batas terendah 90/60 mmHg. Gejala yang mungkin Anda rasakan jika tekanan darah hampir mencapai batas terendah antara lain pusing, sering menguap, penglihatan berkunang-kunang terutama setelah bangkit dari duduk, keringat dingin, cepat lelah, dan pingsan.

Anda dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara alami, seperti dilansir OnlyMyHealth, Senin (26/11/2012) antara lain dengan cara sebagai berikut:

1. Jus Bit
Jus buah bit mentah dianggap sebagai pengobatan alami yang paling efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah. Seseorang yang menderita tekanan darah rendah harus minum secangkir jus bit dua kali sehari. Peningkatan tekanan darah akan mulai terlihat dalam waktu sepekan.

2. Kopi Hitam
Jika Anda merasa pusing atau lemah, minumlah secangkir kopi hitam tanpa susu yang dapat membantu Anda meringankan pusing dengan cepat.

3. Air Garam
Orang dengan tekanan darah rendah perlu mengonsumsi makanan asin sampai tekanan darahnya mendekati kisaran normal. JIka perlu, Anda harus minum segelas air garam untuk meningkatkan tekanan darah secara alami.

4. Latihan Ringan
Orang dengan tekanan darah rendah harus melakukan latihan ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang dan yoga secara teratur. Pasien yang bersangkutan juga harus mendapatkan sinar matahari dan udara udara segar dengan cara menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah.

5. Kacang Almond
Rendam tujuh butir kacang almond dalam semangkuk air dan biarkan semalaman. Kupas kulit almond keesokan harinya kemudian haluskan dan tambahkan pasta almond ke dalam segelas susu hangat dan meminumnya.

6. Air Kemangi
Ambil 15 daun kemangi dan tumbuklah hingga halus, kemudian seduhlah dengan air hangat dan saring sari-sarinya. Tambahkan madu ke dalam air seduhan kemangi tersebut dan minum pada waktu perut kosong untuk mendapatkan efek maksimum.

7. Kismis
Rendamlah kismis dalam semangkuk air dan biarkan semalaman. Makanlah kismis keesokan harinya saat perut kosong dengan segelas air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya