Tutup Iklan

CAR FREE SUNDAY WONOGIRI: Minggu Ini, CFS Wonogiri Libur

CAR FREE SUNDAY WONOGIRI: Minggu Ini, CFS Wonogiri Libur

SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di gelaran car free sunday (CFS) di Jl. Pemuda II kawasan kota Wonogiri, belum lama ini. (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

Car free sunday Wonogiri diliburkan, Minggu (25/2/2018).

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meliburkan kegiatan car free sunday (CFS), Minggu (25/2/2018) mendatang. Hal itu menyusul akan digelarnya kegiatan pemeriksaan lanjutan ratusan pasien katarak dan pterigium atau tumbuhnya selaput di bola mata di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Ismiyanto, saat ditemui Solopos.com di kawasan kota Wonogiri, Rabu (21/2/2018), menyampaikan CFS diliburkan karena Jl. Pemuda II akan digunakan untuk akses para peserta kegiatan pemeriksaan kesehatan yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri. (baca: CAR FREE SUNDAY WONOGIRI : Pedagang Baru Tak Boleh Berjualan di Area CFS)

Pihaknya akan menyosialisasikan informasi liburnya CFS ini kepada masyarakat melalui berbagai media, seperti radio. Jika diperlukan, sosialisasi dapat dilakukan secara manual dengan cara mengumumkan informasi melalui pengeras suara secara mobile.

Dishub juga akan menginformasikannya kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang rutin menggelar kegiatan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di CFS.

Ihwal sosialisasi kepada para pedagang, Ismiyanto meyakini Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) akan melakukannya. Pasalnya, pihak dinas bersangkutan sudah mengetahui informasi dilibukannya CFS saat rapat koordinasi belum lama ini.

“Sosialisasi akan terus dilakukan agar informasi benar-benar sampai kepada warga. Jangan sampai Minggu mendatang ada yang kecele,” imbuh Ismiyanto.

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Wonogiri, Triyanto, mengatakan CFS perlu diliburkan untuk memperlancar lalu lintas bagi ratusan pasien katarak dan pterigium yang akan menjalani pemeriksaan lanjutan setelah operasi di pendapa.

Jika CFS tidak diliburkan bisa terjadi macet panjang, karena di sekitar Alun-Alun Giri Krida Bakti akan digunakan sebagai tempat parkir kendaraan pasien dan para pengantarnya. Jika CFS tak libur, akses kendaraan yang akan menuju alun-alun dan pendapa bisa terganggu.

“Yang mau menjalani pemeriksaan di pendapa itu pasien katarak dan pterigium yang sebelumnya sudah dioperasi. Kalau mereka terjebak macet, akan mempengaruhi fisik mereka. Ini demi pasien, jadi CFS sementara diliburkan dulu,” kata Triyanto mewakili Kepala Kejari (Kajari) Dodi Budi Kelana.

Dia melanjutkan hingga sekarang pihaknya mencatat ada 509 pendaftar yang ingin memanfaatkan program operasi katarak, pterigium, dan hernia gratis. Dari jumlah tersebut terdapat 100-an warga yang lolos screening awal. Selebihnya tak lolos karena kadar gula tinggi atau tekanan darahnya tinggi, sehingga tidak memungkinkan menjalani operasi.

Operasi hernia digelar di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, Jumat (23/2/2018), sedangkan operasi katarak dan pterigium dilaksanakan di Kantor Kejari, Sabtu (24/2/2018). Pasien hernia akan menjalani rawat inap setelah operasi. Pasien katarak dan pterigium rawat jalan. Mereka diharuskan menjalani perawatan lanjutan pascaoperasi di pendapa, Minggu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.