SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten menggencarkan sosialisasi ajang Car Free Day (CFD) di sepanjang Jl Pemuda Klaten yang akan diujicobakan mulai 29 April 2012 mendatang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala (Dishub) Klaten, Jaka Sawaldi mengatakan pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat Klaten menunggu turunnya surat keputusan (SK) Bupati Klaten yang sudah diajukannya.

Pihaknya tidak menginginkan partisipasi masyarakat Klaten memanfaatkan ajang CFD itu minim. Oleh sebab itu, Dishub Klaten akan menggencarkan upaya sosialisasi menjelang hari H.

“Sejumlah spanduk akan kami pasang di sejumlah tempat-tempat umum. Kami juga akan melalukan sosialisasi melalui media massa,” kata Jaka saat ditemui Solopos.com di Klaten, Minggu (1/4/2012),.

Jaka menjelaskan, sejumlah ruas jalan akan ditutup demi terselenggaranya CFD yang akan digelar mulai dari simpang lima Plaza Matahari hingga Tugu Adipura Klaten setiap hari Minggu.

Sejumlah ruas jalan itu akan ditutup mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB. Ruas jalan itu akan digunakan sebagai lokasi parkir warga yang memanfaatkan ajang CFD untuk kegiatan olahraga, belanja produk lokal, atau sekadar jalan-jalan.

“Uji coba CFD akan dilakukan selama setahun. Nanti akan dievaluasi hasilnya. Jika antusias warga Klaten tinggi, CFD masih bisa diselenggarakan di tahun-tahun mendatang,” ujar Jaka.

CFD diselenggarakan untuk mengurangi kadar pencemaran atau polusi udara yang berasal dari pembuangan asap kendaraan bermotor. Pelaksanaan CFD di Klaten juga menjadi ajang pengenalan potensi lokal kepada masyarakat setempat.

Rencananya perhelatan CFD akan dibagi menjadi tiga segmen yakni olahraga, perekonomian, dan pendidikan. “Karena melibatkan tiga segmen maka perhelatan CFD melibatkan berbagai instansi pemerintah seperti Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM), Dinas Pendidikan (Disdik), dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora),” ujar Jaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya