Capaian Vaksinasi Pelajar di Madiun 90%, Seluruh Sekolah Gelar PTM

Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun menyebut seluruh sekolah telah menggelar pembelajaran tatap muka menyusul capaian vaksinasi pelajar yang berada di angka 90%.

 Siswa menerima suntikan vaksin Covid-19 saat vaksinasi untuk seribuan pelajar Sekolah Dasar yang diselenggarakan di di SDN 2 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Kamis (16/9/2021). (Solopos/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Siswa menerima suntikan vaksin Covid-19 saat vaksinasi untuk seribuan pelajar Sekolah Dasar yang diselenggarakan di di SDN 2 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Kamis (16/9/2021). (Solopos/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Siswa sekolah yang berusia 12 tahun sampai 18 tahun di Kabupaten Madiun yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 telah mencapai 90% untuk penyuntikan dosis pertama. Sedangkan penyuntikan vaksin dosis kedua baru sekitar 10%.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah, mengatakan untuk penyuntikan vaksinasi dosis kedua saat ini masih 10%. Hal ini karena menunggu ketersediaan vaksin dari pemerintah.

“Kalau untuk siswa yang berusia 12 tahun sampai 19 tahun sudah mencapai 90%. Sedangkan untuk guru dan tenaga kependidikan sudah mencapai 94%,” jelas Zubaidah, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Muncul Klaster Pernikahan, Satgas Covid-19 Madiun Kecolongan?

Dia menuturkan untuk siswa yang belum disuntik vaksin Covid-19 diarahkan mengikuti vaksinasi di desa atau kecamatan masing-masing. Jumlah siswa usia 12-18 tahun dari jenjang SD sampai SMA sekitar 50.000 anak.

Mengenai sekolah yang telah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM), kata dia, seluruh satuan pendidikan dari jenjang TK sampai SMA di Madiun telah memberlakukan PTM. Sebelum diperbolehkan menggelar PTM, sekolah tersebut harus memastikan sarana prasarana mendukung untuk menerapkan sesuai protokol kesehatan.

“Kami melakukan visitasi di sekolah yang akan menggelar PTM. Kami akan memastikan sarprasnya, habitualisasi anak, dan edukasi prokes sudah diterapkan,” jelasnya.

Zubaidah meminta kepada seluruh siswa dan guru supaya patuh terhadap protokol kesehatan selama di sekolah. Hal ini penting supaya tidak ada penularan Covid-19 di sekolah.

Baca juga: Skrining Pembelajaran Tatap Muka, 2 Pegawai Sekolah di Kota Madiun Terpapar Covid-19

Sejauh ini, lanjutnya, belum ditemukan klaster sekolah selama PTM diberlakukan di Kabupaten Madiun. “Kami sering menyampaikan kepada teman-teman di sekolah supaya konsisten terhadap protokol kesehatan. Sejauh ini memang tidak ditemukan klaster sekolah,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).

Sama-Sama Sakti, Ini Perbedaan Rajah dengan Azimat atau Jimat

Meski sama-sama dianggap sakti, rajah dan azimat atau jimat memiliki sejumlah perbedaan yang tak diketahui banyak orang.

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Sungai di Lumajang, Warga Waspada

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah daerah aliran sungai di Lumajang. Tingginya curah hujan yang mengguyur Lumajang sejak siang menjadi faktor penyebab terjadinya banjir ini.

Resmi! Daging Anjing Dilarang Diperjualbelikan di Kota Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji, resmi melarang perdagangan daging anjing di wilayahnya, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Angin Kencang di Madiun, 1 Tower SUTET PLN Roboh, 56 Rumah Rusak

Satu tower SUTET milik PLN di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), roboh akibat diterpa angin kencang yang terjadi pada Minggu (16/1/2022).

Jelajah Pasir Putih dan Pesona Mistis di Pantai Gondo Mayit Blitar

Objek wisata Pantai Gondo Mayit atau kadang disebut Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit di Kota Blitar, Jawa Timur, menyimpan sejumlah misteri, salah satunya soal keberadaan rajah.

Kota Malang Bakal Larang Perdagangan Daging Anjing, Pertama di Jatim

Kota Malang akan menjadi kota pertama di Jawa Timur (Jatim) yang melarang perdagangan daging anjing untuk dikonsumsi.

Waspada! Omicron Terdeteksi di Malang, Tiga Warga Terkonfirmasi

Sebanyak tiga warga Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 terjadi di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), yang efeknya dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022).

Waspada Omicron, Pemkab Pasuruan Aktifkan Lagi Tempat Karantina

Pemkab Pasuruan sudah mulai mengantisipasi kemunculan kasus Omicron dengan menyiapkan ruang karantina.

Pancur Pitu, Destinasi Wisata Menarik di Lereng Gunung Pandan Madiun

Objek Wisata Pancur Pitu di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun menjadi wisata alternatif yang menarik dengan keindahan alam serta kolam air dengan tujuh pancurannya.

1 Kasus Omicron Ditemukan di Madiun: Seorang TKI Pulang dari Hong Kong

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mengungkapkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Miris! Kafe di Banyuwangi Gelar Acara Striptis Gadis di Bawah Umur

Sebuah kafe di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), digerebek aparat kepolisian karena menggelar pertunjukan striptis yang diperankan perempuan di bawah umur.

Hujan Deras, Pos Kamling di Madiun Ambrol dan Hanyut ke Sungai

Hujan deras yang mengguyur Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Kamis (13/1/2022) sore, membuat sejumlah fasilitas warga rusak, salah satunya pos kamling.

Polisi Tetapkan Terduga Pelaku Tendang Sesajen di Semeru Jadi Tersangka

Polda Jatim menetapkan pria diduga menendang sesajen di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jatim, HF, sebagai tersangka kasus penistaan agama.