SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mencatat capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster mencapai 40,18 % dengan jumlah sasaran disuntik 167.763 orang. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, menjelaskan layanan vaksinasi sudah dipermudah dengan layanan di 39 fasyankes di Kota Bengawan. Pemkot Solo menargetkan 4.000 suntikan per hari namun baru sekitar 1.000 orang per hari sejauh ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah mengevaluasi kelompok ASN [aparatur sipil negara] sudah, lembaga sudah, kelurahan dimobilisasi itu kok akhir-akhir ini tidak optimal. Yang terdaftar 200 orang namun yang datang 30 orang kan rasanya eman. Sekarang datang langsung suntik,” katanya.

Baca Juga: Digelontor Ribuan Dosis, Vaksinasi Covid-19 Booster Solo Digas Lagi

Ning, sapaan akrabnya, mengatakan Pemkot Solo melayani vaksinasi Covid-19 termasuk booster di sentra vaksinasi Grha Wisata Niaga yang beroperasi sampai malam. Vaksinasi dilayani pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB tiap Senin sampai Kamis.

“Pelayanan Jumat dan Sabtu malam di Puskesmas yang melayani rawat inap. Supaya tidak banyak tenaga kesehatan yang keluar karena pelayanan Puskesmas tidak boleh berhenti,” paparnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Booster Solo Rendah, Gibran Bantah Ada Penolakan

Menurutnya, syarat vaksin booster untuk mudik belum berpengaruh besar terhadap capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Solo. Hal ini disebabkan warga Solo tidak banyak yang mudik.

Opeasi Pasar Minyak Goreng

Berbeda dengan kota yang banyak perantauan, seperti Jakarta. “Namun kami sampaikan saat Lebaran dan puasa banyak orang ke Solo. Warga harus dilindungi dengan vaksin booster meskipun enggak mudik. Banyak yang datang ke Solo dan tidak tahu bagaimana kondisi orang/keluarga yang datang tersebut,” paparnya.

Baca Juga: Drop Out, Ribuan Warga Solo Harus Mengulang Vaksinasi Covid-19

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan Pemkot Solo mengadakan operasi pasar minyak goreng di Balai Kota Solo, (5/4/2022). Warga Solo yang belum divaksin diberikan layanan vaksinasi Covid-19 termasuk booster. “Sekarang ini vaksinasi KTP-nya bebas. Progres partisipasi warga tidak sebanyak vaksin dosis II dan I,” jelasnya.

Dia mengimbau warga yang hendak mudik untuk vaksin booster terlebih dahulu. Warga yang belum divaksin bakal ketahuan dengan aplikasi PeduliLindungi. Pemkot Solo, Kodim 0735 Solo, Polresta Solo, PMI Kota Solo memberikan pelayanan vaksinasi bagi kalangan umum. Adapun capaian vaksinasi Covid-19 dosis I sebanyak 599.691 orang atau 142,81% dan dosis II sebanyak 562.489 orang atau 134, 84%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya