SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Utang Amerika Serikat (AS) mencapai jumlah tertinggi dalam sejarah yaitu sebesar US$ 13 triliun. Ini membuat para politikus marah atas kebijakan belanja pemerintah AS.

Di tengah gencarnya pengeluaran pemerintah AS untuk mengakhiri krisis ekonomi yang melanda negara itu, jumlah utang mereka mencapai rekor tertinggi yaitu US$ 13,05 triliun per 1 Juni 2010.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Besaran utang ini menjadi isu politik yang berkembang di AS antara Partai Republik dengan Partai Demokrat. Pemerintah AS selama 19 bulan ini telah mengalami defisit anggaran terus menerus.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di kantor saya melihat bahwa kita telah mengalami defisit anggaran lebih dari US$ 1 triliun dan diperkirakan akan mencapai US$ 8 triliun dalam satu dekade ke depan,” ujar Presiden AS Barack Obama seperti dikutip dari AFP, Kamis (3/6).

Obama banyak dikecam oleh kaum Republik karena terlalu gencar meningkatkan anggaran belanja pemerintah, sejak dia menjabat sebagai Presiden AS. Sejak Obama duduk di Gedung Putih pada Januari 2009, dikaytakan jumlah utang AS meningkat US$ 2,4 triliun.

Krisis yang terjadi di Eropa memberikan peringatan kepada AS untuk merencanakan kebijakan fiskalnya dengan sangat kredibel. Sehingga tidak kembali terjebak dalam situasi yang sulit.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya