SOLOPOS.COM - Tim Ekspedisi Energi 2022 memotret aktivitas di garasi armada PT SHA Solo di Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022). (Tim Eskpedisi Energi 2022)

Solopos.com, SUKOHARJO — Truk tangki bahan bakar minyak atau BBM di Indonesia kini mulai mengadopsi teknologi standar Eropa. Termasuk truk tangki BBM dilengkapi sensor khusus untuk mencegah “kencing”.

PT SHA Solo, salah satu agen BMM industri produk Pertamina mengoperasikan berbagai truk tangki BBM yang sudah memiliki teknologi semacam ini. Tim Ekspedisi Energi 2022 sempat memotret aktivitas di garasi armada PT SHA Solo di Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PT SHA Solo yang menjadi salah satu agen BBM industri terbesar di Indonesia ini mengoptiomalkan proses distribusi dengan melengkapi berbagai teknologi di armada truk mereka.

Saat Tim Ekspedisi Energi 2022 tiba di garasi, puluhan armada tangki berwarna biru putih yang berjajar. Ekspedisi Energi 2022 yang digelar Solopos Media Group (SMG) didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Marketing Director PT SHA Solo, Aris Nuryanto, mengatakan semua truk tangki di perusahaan tersebut memiliki fitur keamanan standar Eropa.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, 2 Tim Siap Potret Inovasi Energi

“Untuk truk tangki kami memang memiliki keamanan standar Eropa. Di mana itu tingkatannya cukup tinggi. Kami memberlakukan sensor-sensor khusus untuk mencegah terjadinya BBM kencing. Sebab kami sangat memperhatikan barang yang kami kirim ke konsumen. Dengan begitu barang yang kami kirim, sesuai dengan permintaan konsumen,” kata dia, Senin.

Truk keluaran Mercedes-Benz yang dioperasikan PT SHA Solo ini juga memiliki fitur kenyamanan yang tak kalah menarik. Ruang kemudi yang longgar dan ber-AC membuat pengemudi merasa nyaman saat mengemudi truk. Tersedia juga tepat tidur untuk sopir pengganti.

“Sangat nyaman. Tidak banyak armada truk dengan tingkat kenyamanan seperti ini,” kata pengemudi truk tangki BBM di PT SHA Solo, Ranto.

Untuk panel dashboard sebagian besar merupakan panel digital. Termasuk layar pengganti spion yang menangkap gambar dari kamera di sisi belakang truk. Selain itu, truk juga dilengkapi sensor pengaman yang mengurangi potensi kecelakaan.

Truk tangki BBM PT SHA Solo (1)
Tim Ekspedisi Energi 2022 memotret aktivitas di garasi armada PT SHA Solo di Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022). (Tim Eskpedisi Energi 2022)

Driver armada PT SHA Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan setiap armada selalu dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran ringan (APAR).

Baca Juga: PLTS Atap Bikin Pengeluaran Listik SMKN 2 Solo Hemat Rp5 Juta/Bulan

“Apar selalu tersedia baik di dalam [area kemudi], tengah maupun belakang. Selain itu juga ada tombol untuk memutuskan arus listrik truk untuk mengantisipasi jika terjadi korsleting. Saat mengisi atau menuang BBM, mesin dimatikan dan aliran listrik diputus untuk keamanan. Tombolnya juga tersedia di dalam [ruang kemudi], di tengah maupun belakang. Tombol bisa dipencet salah satunya, yang terdekat yang mana,” kata dia sambil menunjukkan beberapa fitur keamanan pada armada tersebut.

Guna melengkapi keamanan, setiap hari kondisi truk juga akan selalu dipantau. “Pemeriksaan rutin selalu dilakukan setiap hari untuk memastikan kondisi truk dalam kondisi prima,” kata salah satu mekanik PT SHA Solo, Ari Kusworo.

Ekspedisi Energi 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya