Canggih! Ada Fitur Pendeteksi Gempa Bumi di HP Xiaomi

Teknologi pendeteksi bencana kini mulai disematkan di smartphone.

 Logo Xiaomi. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Logo Xiaomi. (Reuters)

Solopos.com, SOLO - Xiaomi melakukan terobosan terbaru untuk custom ROM terbaru mereka, MIUI 11. Smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 11 bakal memiliki fitur pendeteksi bencana alam gempa bumi.

Seperti diketahui, Xiaomi sebelumnya cukup sukses dengan MIUI 10. MIUI 11 sudah sangat dinantikan oleh penggemarnya. Meski begitu tak semua smartphone Xiaomi menggunakan MIUI karena ada juga perangkat yang menggunakan Android One.

Dikutip dari Suara.com, Kamis (21/11/2019), Xiaomi menyelipkan teknologi terbaru di MIUI 11. Custom ROM ini akan menghadirkan fitur pendeteksi gempa bumi. Hal itu diungkapkan Xiaomi melalui blog resmi mereka.

Fitur canggih itu merupakan hasil kolaborasi dengan lembaga peringatan bencana. Fitur pendeteksi gempa itu secara diam-diam diluncurkan di Provinsi Sichuan, China sebagai bagian dari uji coba terbatas pada September 2019 lalu.

Mulai 2020, Pengangguran Digaji Pemerintah Hingga Rp7 Jutaan

Sayangnya, fitur itu hanya akan diluncurkan untuk wilayah Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi Xiaomi untuk memboyong fitur ini bagi pengguna global.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Lewat fitur pendeteksi gempa, Xiaomi berjanji akan memberikan peringatan detik hingga puluhan detik sebelum gelombang seismik datang.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Laman Android Authority melansir pengguna Xiaomi tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah dan fitur ini menawarkan pengurangan latensi. Tak hanya itu, perusahaan juga meminta lebih banyak produsen smartphone untuk menawarkan fungsionalitas serupa.

Wajib Tahu! Ini Sederet Manfaat dan Bahaya Kerokan

Ini bukan kali pertama fitur pendeteksi gempa tersedia dalam smartphone. Sebelumnya, Apple juga menawarkan fitur pendeteksi gempa di Jepang pada 2011.

Berita Terkait

Espos Plus

Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

+ PLUS Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

QZRUH yang pada era 1980-an hingga 1990-an dikenal sebagai geng remaja anarkistis di Kota Jogja kini mengubah citra menjadi geng dengan aneka kegiatan sosial. QZRUH Reborn berusaha mengubah citra geng ini menjadi lebih humanis.

Berita Terkini

Twitter Perkenalkan Fitur Baru, Bikin Pengguna Bisa Pamer NFT

Twitter memperkenalkan fitur terbaru NFT Profile Pictures yang memungkinkan penggunanya memamerkan non fungible token atau NFT.

Browser Khusus Kripto Buatan Opera, Apa Saja Fiturnya?

Fitur utama Web3 kripto browser ini adalah built-in non-custodial wallet yang akan mendukung blockchain termasuk Ethereum, Bitcoin, Celo, dan Nervos.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Samsung Galaxy Tab A8 Meluncur di Indonesia, Cek Kemampuannya

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan kapasitas baterai 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB.

Ini Tips Memilih STB Biar Bisa Nonton Siaran Digital

Belilah set top box (STB) yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, agar TV bisa menangkap siaran digital.

Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Kemenkominfo: Tingkat Keamanan Digital Indonesia Tidak Memuaskan

Kemenkominfo menyebut tingkat keamanan digital Indonesia paling rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.

Catat! Redmi Note 11 Diluncurkan 26 Januari

Seri Redmi Note 11 akan diluncurkan di pasar global pada 26 Januari mendatang. Demikian kabar dari Xiaomi melalui unggahan teaser di Twitter.

Find N Ponsel Lipat dari Oppo, Cek Spesifikasinya

Oppo memamerkan smartphone flagship atau ponsel lipat pertamanya Oppo Find N dalam ajang Inno Day yang digelar secara offline di Indonesia.

Data Pribadi Dijual sebagai NFT, Ini Langkah Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo mengungkapkan telah menindak platform yang ketahuan memperjualbelikan data privasi sebagai NFT.

Kodak Luncurkan Pengisi Daya Nirkabel untuk Iphone 12 dan 13

Bekerja sama dengan perusahaan India, Georgian Enterprises, Kodak meluncurkan pengisi daya (charger) nirkabel untuk seri Apple iPhone 12 dan iPhone 13 di India.

Rekomendasi 5 HP Murah di Bawah Rp1 Juta Terbaik 2022

Berikut 5 rekomendasi hp murah di bawah Rp1 juta terbaik 2022 yang bisa Anda pilih.